Ini yang Harus Diperhatikan Sebelum Ganti Oli Mesin

Senin, 20 Februari 2023 - 04:42 WIB
loading...
Ini yang Harus Diperhatikan Sebelum Ganti Oli Mesin
Pentingnya mengetahui kapasitas mesin sebelum mengganti oli mobil. FOTO/ WM
A A A
DEPOK - Sebelum mengganti oli mesin, tentunya harus diketahui dulu besaran kapasitas oli mesin pada mobil yang digunakan. Kapasitas mobil bergantung pada penggunaan filter oli, dan bukan pada mesin.



Kualitas dan kapasitas oli pada mesin mobil seringkali dianggap sebagai komponen pendukung yang keberadaannya kurang begitu diperhatikan.

“Namun ternyata, oli mesin pada mobil ternyata mempengaruhi kinerja dari kendaraan untuk menjaga kondisi mesin tetap sehat dan berfungsi optimal. Untuk mendapatkan informasi seputar perawatan mobil bisa lebih detil dengan mengunjungi aplikasi bengkel mobil,” kata Content Manager Otoklix, Helda Sihombing.

Penggunaan oli mesin sesuai dengan ketentuan tiap merk dan pabrikan yang berbeda-beda harus tetap diperhatikan. Ditambah dengan penggantian oli pada mesin mobil yang dilakukan secara rutin dan berkala, maka hal tersebut akan membuat kinerja mobil menjadi lebih maksimal. “Terdapat perbedaan kapasitas oli mesin mobil yang menggunakan filter dan tanpa filter untuk pengguna mobil Honda. Jika menggunakan filter, kapasitas oli mesin menjadi lebih banyak. Contohnya, Honda BR-V jika menggunakan filter kapasitasnya sampai 3,6 liter, sedangkan tanpa filter hanya 3,4 liter,” ujarnya.

Sesuai dengan spesifikasi mobilnya, kebutuhan kapasitas oli mesin mobilnya juga berbeda-beda. Baik bengkel umum maupun bengkel resmi, sama-sama menganjurkan penggantian oli mesin mobil setiap 5.000 - 10.000 KM. “Biaya untuk penggantian oli pada mesin mobil di tiap-tiap bengkel ganti oli juga biasanya bervariasi tergantung tipe dan merknya,” tukasnya.

Pengenaan tarif pada bengkel resmi biasanya diklasifikasikan berdasarkan kendaraan dan jenis pekerjaan menurut waktu servisnya. Namun, pada bengkel umum, pengenaan tarif biasanya menjadi lebih fleksibel. “Tentunya, bagi Anda yang memiliki dana terbatas, cara semacam ini akan lebih menguntungkan,” imbuhnya.

Dalam perayaan hari jadinya yang ketiga pada tanggal 21 Februari 2023, Otoklix akan memberikan banyak hadiah salah satunya promo servis ganti oli mobil dengan diskon sebesar 10 persen di 65+ bengkel mitra Otoklix area Jakarta, Bekasi, Tangerang dan Depok serta bengkel Otoklix Flagship. Promo ini berlaku mulai dari tanggal 8 sampai 28 Februari 2023.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1081 seconds (0.1#10.140)