6 Tips Jitu Merawat Kaca Mobil agar Tidak Mudah Berjamur, Tak Bikin Kantong Jebol

Rabu, 22 Februari 2023 - 17:00 WIB
loading...
6 Tips Jitu Merawat Kaca Mobil agar Tidak Mudah Berjamur, Tak Bikin Kantong Jebol
Tips jitu merawat kaca mobil agar tidak mudah berjamur ternyata sangat mudah dilakukan. Foto/DOK. Microfiber Magic
A A A
JAKARTA - Anda tidak perlu repot pergi ke bengkel untuk merawat kaca mobil agar tidak mudah berjamur. Cermati cara-caranya yang ada di sini.

Di musim penghujan seperti yang terjadi saat ini kaca mobil jamuran tentu tidak aman dan bikin kesal. Pasalnya pandangan pengemudi mobil akan terhalang oleh jamur-jamur yang ternyata ada di kaca mobil.

Masalahnya memang banyak orang tidak menyadari keberadaan jamur di kaca mobil. Apalagi saat cuaca terang dan tidak hujan jamur-jamur yang ada di kaca mobil jadi tidak terlihat.

Baru saat hujan mengguyur mobil maka jamur yang ada di kaca mobil langsung terlihat. Nah, daripada terlambat dan membahayakan keselamatan Anda, sebaiknya cermati tips merawat kaca mobil agar tidak mudah berjamur berikur in.



Caranya pun sangat mudah dan tidak perlu repot pergi ke bengkel melakukannya. Apa saja sih caranyA?

1. Bersihkan setelah Terkena Hujan

Hal yang paling utama agar kaca mobil Anda tidak berjamur adalah dengan membersihkannya setiap kali terkena hujan. Pasalnya titik hujan yang menempel pada kaca berpotensi memberikan efek jamur pada kaca.

Kain untuk membersihkan juga bisa beragam, setelah menggunakan kain ‘kanebo’, bisa dibersihkan lagi dengan kain microfiber. Jangan lupa pula cek karet pada bilah wiper, karena akan mempengaruhi kebersihan pada kaca. Bila bilah karet sudah tidak mampu membersihkan secara sempurna, segera ganti.

2. Gunakan Lap Bersih untuk Membersihkan Kaca

Selalu perhatikan kondisi kain lap mobil Anda. Pastikan kain selalu dalam keadaan bersih dan lembut. Hal itu berguna untuk mencegah timbulnya goresan halus yang diakibatkan oleh serat-serat kain lap mobil. Anda dapat gunakan dua ember untuk membedakan mana kaim lap untuk memcuci kaca dan untuk membilas kaca.

3. Keringkan Kaca Basah Menggunakan Kain

Apabila kaca mobil basah akibat terkena hujan saat berkendara, maka setibanya ditempat tujuan bersihkan kaca mobil Anda menggunakan kain lembut. Hal ini berguna untuk menjegah terjadi jamur kaca yang dapat menggangu pandangan saat berkendara.

4. Pasang Kaca Film dan Hindari Goresan Benda Lain

Kebanyakan pemilik mobil memilih untuk menggunakan kaca film sebagai bentuk perawatan kaca mobil. Langkah tersebut juga bertujuan untuk mencegah kaca mobil langsung tergores oleh baret. Sebab jika kaca film tergores maka akan menggangu pengeliatan jarak pandang.



5. Parkir Mobil di Area yang Teduh

Jamur bisa tumbuh di kaca mobil yang sering terpapar sinar matahari. Apalagi jika paparan hadir sesudah mobil terkena air dan tidak segera dibersihkan. Jamur akan hadir di sana dengan subur.

Untuk itu, agar jamur tidak tumbuh di kaca, tidak ada salahnya untuk memarkir mobil di area yang teduh. Carilah tempat untuk memarkir mobil yang tidak terkena sinar matahari secara langsung.

Hal ini berguna untuk mencegah pertumbuhan jamur. Sebab, jamur akan cepat hadir di kaca mobil yang sering terkena panas matahari.

6. Gunakan Cairan Pembersih Kaca

Tidak ada salahnya untuk mengeluarkan dana lebih untuk mengisi cairan pembersih kaca di wiper dengan bahan khusus. Pilihlah cairan khusus pembersih kaca dibanding air biasa. Cairan ini biasanya mengandung senyawa nitrogen dan hydrogen yang ampuh untuk menghapus jamur dan bercak di kaca.

Gunakanlah cairan tersebut ketika kaca mobil kotor. Cukup aktifkan wiper maka cairan akan menyemprot dengan sendirinya. Namun, cairan serupa bisa pula digunakan untuk membersihkan area kaca yang lain supaya jamur tidak tumbuh.
(wsb)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1546 seconds (0.1#10.140)