Robot Optimus Berkembang Pesat, Elon Musk Siap Jadikan Bisnis Besar Seperti Mobil Tesla

Sabtu, 04 Maret 2023 - 10:28 WIB
loading...
Robot Optimus Berkembang Pesat, Elon Musk Siap Jadikan Bisnis Besar Seperti Mobil Tesla
Setelah 19 bulan sejak pertama kali diperkenalkan, Tesla mengumumkan perkembangan pesat robot humanoid Optimus generasi terbaru. Foto/Tesla/NewAtlas
A A A
TEXAS - Setelah 19 bulan sejak pertama kali diperkenalkan, Tesla mengumumkan perkembangan pesat robot humanoid Optimus generasi terbaru. CEO Tesla Elon Musk menargetkan Bot Tesla ini bisa menjadi bisnis yang lebih besar dari Mobil Tesla.

Perkembangan prototipe robot Optimus diungkapan Elon Musk dalam video yang ditunjukkan saat Hari Investor 2023. Bot Tesla sekarang dapat berjalan, mengambil barang, dan melakukan tugas-tugas dasar.

Video menunjukkan Optimus berjalan-jalan, meskipun cukup lambat dibandingkan dengan robot Atlas berkemampuan parkour milik Boston Dynamics. Optimus dapat menggerakan ibu jari yang berlawanan dan tangan mirip manusia.



“Jadi ada peningkatan yang cukup signifikan. Perlu diingat bahwa ketika kami pertama kali mengenalkan Optimus, belum bisa berjalan sama sekali. Memang tidak bisa melakukan parkour, tapi kami memiliki banyak salinan kinerja lain dari Optimus,” kata Musk dikutip dari laman NewAtlas, Sabtu (4/3/2023).

Jika dibandingkan dengan robot Atlas, kehadiran robot Optimus buatan Tesla akan menjadi pesaing yang potensial. Atlas adalah robot humanoid tercanggih di planet ini, dan telah ada selama bertahun-tahun hingga sekarang.
Robot Optimus Berkembang Pesat, Elon Musk Siap Jadikan Bisnis Besar Seperti Mobil Tesla


Boston Dynamics telah mengerjakan robot bio-mimetik Atlas ini sejak tahun 1992. Pertama kali meluncurkan robot PETMAN humanoid pertamanya pada tahun 2009. Dalam dua tahun diperlihatkan robot mampu berjalan, jongkok, berlutut, dan menyeimbangkan melawan gaya dorong.

Atlas memulai debutnya pada tahun 2013, dan membutuhkan waktu 10 tahun untuk belajar menari, melakukan parkour, dan mulai melakukan beberapa tugas dasar. Jadi tampaknya adil untuk memberikan waktu kepada bot muda Optimus untuk mengejar ketinggalan.



Tetap saja, Tesla Bot sudah sangat maju, dan Musk masih yakin investor belum tahu apa yang mereka lihat. “Ini mungkin bagian yang paling tidak dipahami atau dihargai dari apa yang kami lakukan di Tesla, tetapi mungkin akan bernilai jauh lebih banyak daripada sisi mobil dalam jangka panjang,” katanya.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2520 seconds (0.1#10.140)