Mengenal 4 Karoseri Bus Legendaris Indonesia

Senin, 27 Maret 2023 - 17:49 WIB
loading...
Mengenal 4 Karoseri Bus Legendaris Indonesia
Sedikitnya ada empat Karoseri Bus legendaris yang cukup terkenal. Salah satunya laksana. Foto DOK ist
A A A
JAKARTA - Sedikitnya ada empat Karoseri Bus legendaris yang cukup terkenal. Karoseri bus tersebut juga memiliki kualitas dan inovasi menarik yang ditawarkan.

Karoseri sendiri merupakan perusahaan jasa yang bertugas untuk membuat bodi dan interior dari sebuah bus. Mereka juga punya peran dalam melengkapi fasilitas penunjang lain.

Perusahaan ini berguna lantaran pada pembelian bus umumnya hanya mendapat sasis dan mesin saja. Sedangkan untuk bodi, interior dan fasilitas penunjang harus mencari sendiri.


Daftar Karoseri Bus Legendaris Indonesia

Sebenarnya terdapat banyak perusahaan karoseri bus yang tersebar di nusantara, namun empat inilah yang namanya paling dikenal.

1. Laksana

Karoseri ini telah berdiri sejak 1967 di Semarang, Jawa Tengah, oleh Yusup Armada. Telah banyak perusahaan otobus Indonesia yang menggunakan jasa Laksana.

Sebut saja seperti Panorama, Comfort, Sonic, Sprinter, Nucleus, hingga Cityline yang masih diandalkan sampai saat ini. Selain menghadirkan bodi bus, Laksana juga terbilang sering melakukan inovasi pada bodi bus garapannya.

Beberapa garapannya adalah, bodi bus double decker, Suite Class yang menggunakan kursi berjenis sleeper seat, bus laboratorium, bus social distancing, dan bus bio smart yang memiliki teknologi sirkulasi udara canggih.

2. Tentrem

Tentrem bermarkas di Malang, Jawa Timur, perusahaan ini telah berdiri sejak 1986 oleh Tatang Wahyudi.

Berikut ini beberapa body bus yang digarap Tentrem, Jupiter, Scorpion King, Actor, Inspiro Max, Max HDD, Avante HDD, dan New Venom.

Inovasi terbaru yang diluncurkan Tentrem adalah penggunaan spion kamera pada bodi bus Avante D1 yang dimiliki oleh PO Harapan Jaya.


3. Morodadi Prima

Masih dari Kota Malang, kini ada Karoseri yang telah berdiri sejak 1964. Perusahaan yang didirikan Bambang Gunawan ini telah dikenal sebagai karoseri premium.

Karoseri yang telah menghadirkan inovasi sunroof atau panoramic sunroof ini berfokus dalam pembuatan bodi bus besar saja. Misalnya seperti, Airport bus, Patriot, Tourismo, Travego, Ventura, Zonda, Jetbus, Setra, Aero Queen, Marcopolo, dan Platinum.

4. Adi Putro

Pastilah para penikmat PO Bus tidak asing dengan perusahaan Karoseri satu ini. Perusahaan yang telah berdiri sejak 1973 ini bermarkas di Malang.

Beberapa bodi bus legendaris yang telah dibuat Adi Putro adalah, Apron bus, Airport bus, Aero Queen, Neoplan, Batch, Setra, Tourizmo, Sprinter, Marcopolo, Irizar, Van Hool, Jetbus HD, hingga Dream Coach.

Karoseri yang didirikan oleh tiga bersaudara yakni Andreas Jethrokusumo, Jesse Jethrokusumo, dan David Jethrokusumo ini telah banyak berinovasi. Salah satunya adalah menghadirkan kursi sleeper seat.
(bim)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1437 seconds (0.1#10.140)