4 Tips Merawat Cat Mobil agar Tidak Cepat Kusam, No 3 Sering Diabaikan

Rabu, 29 Maret 2023 - 11:39 WIB
loading...
4 Tips Merawat Cat Mobil agar Tidak Cepat Kusam, No 3 Sering Diabaikan
Ilustrasi mencuci mobil. Foto: Istimewa
A A A
JAKARTA - Perawatan cat mobil agar tidak terlihat kusam dan cepat memudar ternyata tidak terlalu sulit. Apalagi, jika dilakukan secara rutin. Dijamin, cat mobil akan tetap terjaga.

Dilansir dari Suzuki, berikut tips agar cat mobil tidak terlihat kusam:

1. Rutin mencuci mobil secara teratur

Mencuci mobil secara rutin sangat penting untuk menjaga keindahan cat mobil dan mencegah kusam. Ketika mobil digunakan, debu, kotoran, dan noda lainnya dapat menempel pada cat mobil.



Dalam mencuci mobil, sebaiknya juga digunakan sabun mobil. Sehingga, kotoran pada mobil cepat hilang dan cat tetap berkilau. Jangan lupa, gunakan spons atau kain yang lembut agar tidak merusak cat.

Hindari sikat kasar atau sabun yang mengandung bahan kimia keras yang dapat merusak cat mobil.

2. Gunakan wax mobil secara teratur

Wax mobil akan membantu melindungi cat dari kerusakan akibat sinar matahari, noda air hujan, dan kotoran lainnya. Ketika wax mobil dioleskan pada permukaan cat mobil, wax akan membentuk lapisan pelindung.

Dengan begitu, cat mobil akan terlindungi dari kerusakan akibat paparan sinar UV yang dapat menyebabkan kusam. Wax mobil juga dapat membantu memperlambat proses korosi pada bagian metal mobil.



Pastikan untuk menggunakan wax mobil yang berkualitas dan sesuai dengan jenis cat mobil yang digunakan. Dengan wax mobil secara teratur, membantu keindahan cat mobil dari kerusakan faktor lingkungan.

3. Bersihkan kotoran secara teratur

Jangan biarkan kotoran menempel terlalu lama di atas mobil, karena dapat merusak lapisan cat dan menyebabkan kusam. Kotoran seperti noda kotoran burung atau serangga, dapat sangat merusak cat mobil.

Untuk itu, pastikan untuk selalu membersihkan noda tersebut secepat mungkin dan jangan terlalu lama menempel.

4. Hindari parkir mobil di bawah sinar matahari langsung

Gunakan tempat parkir yang teduh untuk melindungi cat mobil dari sinar matahari langsung yang dapat menyebabkan kusam pada cat mobil.

Paparan sinar matahari secara terus-menerus dapat merusak cat mobil dan membuatnya kusam, terutama pada mobil dengan cat berwarna terang.
(san)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1972 seconds (0.1#10.140)