Keliling Kawasan GBK dengan Wuling Alvez, Ini 8 Kesimpulannya

Jum'at, 31 Maret 2023 - 09:14 WIB
loading...
Keliling Kawasan GBK dengan Wuling Alvez, Ini 8 Kesimpulannya
Wuling mengajak sejumlah jurnalis untuk merasakan sensasi bergendara Alvez di Kawasan GBK, Kamis (30/3). Foto: Sindonews/Danang Arradian
A A A
JAKARTA - Wuling Alvez memang mengundang banyak penasaran setelah nongol di sejumlah pameran otomotif di awal tahun ini. Banyak yang penasaran, seperti apa sih rasanya mengendarai SUV Compact dengan harga termurah itu?

Nah, Wuling Motors (Wuling) menggelar Wuling Alvez First Media Impression di kawasan Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta Pusat, Kamis (30/3) silam. Berikut adalah hasil kesimpulan SINDONews setelah mencoba Wuling Alvez:

1. Lincah dan Empuk

Saat dikendarai, Wuling Alvez ternyata lincah. Manuvernya cekatan dan tidak limbung. Dengan ground clearance cukup tinggi, mobil ini akan nyaman sekali dikendarai ke kampus atau ngantor setiap hari. Termasuk, masuk ke jalanan sempit.

Diluar dugaan SINDONews, suspensi mobil ini cukup empuk dan nyaman. Untuk melewati polisi tidur, bahkan lobang cukup besar di jalan.

2. Tarikan Bawah Kurang

Bersaing di Compact SUV, tenaga Alvez memang paling kecil dibanding kompetitor seperti Hyundai Creta dan Honda HR-V. Mesin berkapasitas 1.485 cc hanya memuntahkan tenaga 105 HP di putaran 5.800 rpm dan torsi puncak 143 Nm di putaran 4.000-4.600 rpm.

Tenaga disalurkan lewat transmisi CVT serta penggerak roda depan. Saat dibejek, tarikan bawah mobil ini memang cukup lemot. Memang tidak masalah di dalam kota. Tapi, mungkin tidak akan fun to drive saat dibawah ke luar kota.

Untungnya, SINDONews masih bisa memakai fitur triptronic untuk sekadar memberikan sensasi mobil manual, dan ternyata cukup membantu.

3. Interior Mewah, Fitur Berlimpah
Keliling Kawasan GBK dengan Wuling Alvez, Ini 8 Kesimpulannya

Setelah berputar-putar di GBK beberapa kali, SINDONews menyadari bahwa Alvez adalah mobil yang nyaman. Interiornya mewah. Dashboardnya indah dan sedap dipandang. Setir kulit dengan berbagai tombol pengaturan, electric parking brake (EPB) dan Brake Hold, sunroof elektrik, hingga head unit 10,25 inci serta MID 7 inci TFT LCD berwarna membuat berkendara harian akan nyaman dan pede sekali.

Jelas, jauh lebih nyaman dan elegan dibandingkan kelas small SUV yang dihuni Toyota Raize, Daihatsu Rocky, hingga Honda WR-V.

4. Konsumsi BBM 10,1 Km/liter

Keliling Kawasan GBK dengan Wuling Alvez, Ini 8 Kesimpulannya

Ini yang terlihat di Multi-information Display (MID). Namun, ini belum benar-benar diuji jarak jauh. Dan bukan SINDONews langsung yang mengujinya. Angka 10,1 km/liter di dalam kota sebenarnya jadi lampu kuning. Sebab, konsumen tentu berharap Alvez kalaupun tidak punya performa tinggi paling tidak harus irit BBM.

5. Fitur ADAS Mudah Digunakan

Keliling Kawasan GBK dengan Wuling Alvez, Ini 8 Kesimpulannya

Fitur Advanced Driver Assistance System (ADAS) di Alvez bertujuan untuk membantu pengemudi berkendara dengan aman. Di dalamnya ada Adaptive Cruise Control, Intelligent Cruise Assistance with Lane Keeping Assist, dan Lane Departure Warning.

Diluar dugaan, menggunakan fitur Adaptive Cruise Control di Alvez mudah sekali, hanya tekan 2 tombol fiturnya langsung aktif. Berbeda dengan saat SINDONews mencoba Cherry Tiggo 7 Pro yang ribet. Ini bakal jadi salah satu keunggulan Alvez.

6. Fitur WIND

Fitur WIND yang ada di Wuling Almaz RS dan Wuling Cortez diturunkan juga di Alvez. Fitur ini tentu akan berguna bagi mereka yang sudah terbiasa dengan mobil Wuling. “Halo Wuling, buka jendela!” mungkin jadi kalimat yang akan sering diucapkan.

7. Wuling Remote Control App

Fitur lain yang difavoritkan SINDONews adalah Wuling Remote Control App, yang ternyata fungsinya cukup banyak. Lewat fasilitas ini SINDONews dapat mengakses kendaraan dari jarak jauh via aplikasi MyWuling+ pada smartphone untuk memanaskan mesin mobil, membuka jendela, sampai dengan menyalakan pendingin udara pada mobil.


8. Kesimpulan

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1605 seconds (0.1#10.140)