Penyebab AC Mobil Kurang Dingin, Yuk Periksa sebelum Dipakai Mudik

Jum'at, 31 Maret 2023 - 21:44 WIB
loading...
Penyebab AC Mobil Kurang Dingin, Yuk Periksa sebelum Dipakai Mudik
Penyebab AC Mobil Kurang Dingin. FOTO/ TMC
A A A
JAKARTA - Penyebab AC mobil kurang dingin meski dicek dari sekarang sebelum dipakai mudik. Tidak dingin kemungkinan karena kompresor yang rusak atau kebocoran freon.



Kemungkinan tersebut menjadi alasan yang paling jelas, namun bisa juga disebabkan oleh hal lain. Misalnya, filter udara kabin yang kotor atau pun kondisi belt yang kurang baik.

Ketika AC mobil tidak bisa mengatasi cuaca panas di luar menjadi momok tersendiri bagi setiap pengendara.

Berikut ini deretan penyebab AC mobil kurang dingin.

1. Kebocoran Freon

Penyebab AC mobil Anda tidak dingin yang paling mungkin terjadi karena AC mobil bocor. Sistem AC mobil membutuhkan Freon untuk menurunkan suhu udara di sekitar dan menghasilkan udara dingin yang diinginkan.

Setiap kali terdapat kebocoran freon pada mobil Anda, maka tidak ada cara untuk mendinginkan udara dalam kabin.

2. Mobil Hybrid

Penyebab lain AC mobil Anda tidak mengeluarkan udara dingin adalah kendaraan yang Anda miliki merupakan mobil hybrid, yang dimana sumber penggeraknya dilakukan secara bersamaan.

Sistem AC membutuhkan tenaga mesin, artinya jika mobil Anda berada pada mode EV, maka mesin akan berhenti bekerja dan tidak akan menyalakan AC.

3. Kipas Angin Tidak Berfungsi

Jika AC Anda dinyalakan dan kipas angin tidak berfungsi, maka kemungkinan sekring AC Anda terputus. Sekring yang seharusnya membantu melindungi komponen mobil dari lonjakan listrik.

Meskipun kemungkinannya hanya perlu diganti, tetapi jika sekring AC Anda terus-menerus putus kemungkinan terdapat masalah yang lebih besar.

4. Kompresor AC

Terdapat juga kemungkinan AC mobil tidak dingin karena kompresor AC , mengingat rendahnya jumlah refrigerant AC atau bisa jadi karena kebocoran.

Agar AC dapat memompa udara dingin ke dalam mobil Anda, AC harus membuang semua uap air yang berasal dari luar ruangan dan harus keluar dari pipa pembuangan.

Hal ini bisa disebabkan oleh tingkat refrigerant AC yang rendah, dengan ini menyebabkan kumparan evaporator membeku dan meluapnya kondensasi.

MG/Rizky Annisa Sabrina
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3191 seconds (0.1#10.140)