Begini Cara Merawat Kondensor AC Mobil

Selasa, 05 April 2022 - 13:41 WIB
loading...
Begini Cara Merawat Kondensor AC Mobil
Pemilik kendaraan tentunya sudah memahami fungsi dan cara merawat kondensor AC Mobil. Sebab, bila kondensor tersebut kotor, AC mobil akan terasa panas dan cepat rusak. Foto/Dok/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Pemilik kendaraan tentunya sudah memahami fungsi dan cara merawat kondensor AC Mobil . Sebab, bila kondensor tersebut kotor, AC mobil akan terasa panas dan cepat rusak .

Kondensor AC mobil merupakan alat dalam sistem AC mobil yang digunakan untuk mengondensaisikan atau mengubah gas tekanan tinggi menjadi cairan. Fungsinya mendinginkan bagian gas freon dari kompresor sebelum masuk ke dalam katup ekspansi.

Artinya, aliran gas freon yang bertekanan tinggi bisa diatur katup ekspansi untuk menjadi gas freon tekanan rendah ke dalam evaporator dan nantinya akan menjadi udara dingin yang keluar dari kisi AC mobil.



Lalu bagaimana cara merawatnya? begini caranya seperti dikutip hyundai :

1. Buka AC Mobil
Untuk membersihkan kondensor AC mobil, langkah pertama yang harus disiapkan adalah mempersiapkan peralatan untuk membuka AC mobil. Diantaranya, kunci socket, kunci pas dan kunci inggris, termasuk kain lap bersih.

2. Cari Bagian Kondensor AC Mobil
Setelah peralatan sudah lengkap, silakan membuka AC dan cari bagian kondensor AC, lepaskan dan bersihkanlah. Ciri kondensor AC mobil bermasalah bisa dilihat dari kinerja AC yang melemah, sehingga AC tidak bisa mendinginkan bagian kabin mobil.

3. Semprot Kondensor AC Menggunakan Air
Apabila sudah berhasil mengangkat bagian kondensor, segera semprot dengan air bersih yang berasal dari air mineral atau air keran. Diamkan sejenak untuk pengeringan.

4. Pasang Kembali Kondensor AC mobil
Apabila kondensor AC mobil sudah dalam kondisi bersih, cara perawatan selanjutnya adalah memasang kembali AC mobil. Proses pemasangannya sama seperti proses pelepasannya. Untuk mengencangkan baut kondensor, gunakan kunci socket atau kunci pas.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2264 seconds (0.1#10.140)