Yamaha Siap Pasang Teknologi Canggih Anti Kecelakaan AMSAS

Minggu, 02 April 2023 - 18:38 WIB
loading...
Yamaha Siap Pasang Teknologi Canggih Anti Kecelakaan AMSAS
Yamaha siap aplikasikan Advanced Motorcycle Stability Assist System AMSAS. FOTO/ RA
A A A
TOKYO - Tahun lalu, Yamaha mengembangkan sistem yang dapat menyeimbangkan bodi sepeda motor yang dikenal dengan Advanced Motorcycle Stability Assist System (AMSAS) yang menggunakan basis YZF-R25.



Fitur ini merupakan bagian dari visi keselamatan Yamaha Jin-Ki Kanno x Jin-Ki Anzen yang ingin menciptakan dunia bebas kecelakaan bagi pelanggannya.

Menurut Pemimpin Proyek Akitoshi Suzuki, sistem AMSAS ini tidak memerlukan modifikasi apapun pada rangka sepeda motor, dan dapat diterapkan pada sepeda motor yang sudah ada.

Ia menjelaskan, sistem prototipe yang dikembangkan menggunakan six-axis inertial measurement unit (IMU) yang kini bisa ditemukan di semua sepeda motor produksi termasuk Yamaha Tracer 9 GT+ 2023.

“Saat memulai perjalanan atau berhenti, sistem penggerak yang terpasang di roda depan berkontribusi pada stabilitas, dan pada kecepatan hingga 5 km/jam, penggerak kemudi yang terpasang di stang akan mengambil alih,''

Dapat dipahami bahwa sistem ini memungkinkan sepeda motor bergerak sendiri dengan kecepatan berjalan.

Sementara itu, Jun Sakamoto yang menangani strategi keselamatan di Yamaha menjelaskan, “AMSAS bertujuan untuk menciptakan situasi di mana pengendara dapat fokus dalam berkendara.

“Dengan bantuan ini, kami ingin menghadirkan kegembiraan berkendara, serta ketenangan pikiran bagi semua jenis pengendara,''

Pada tahun 2050, Yamaha memiliki target untuk menekan angka kecelakaan sepeda motor menjadi nol, dan AMSAS merupakan salah satu teknologi yang dapat digunakan bersamaan dengan teknologi yang sudah ada seperti Unified Brake System yang sudah ada pada model Tracer 9 GT+.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2023 SINDOnews.com. All Rights Reserved.
read/ rendering in 0.0587 seconds (10.55#12.26)