Waspada, Pencuri Kini Bisa Gondol Mobil lewat Lampu Depan

Selasa, 11 April 2023 - 07:00 WIB
loading...
Waspada, Pencuri Kini Bisa Gondol Mobil lewat Lampu Depan
Aksi pencurian mobil kini semakin canggih dan unik. Foto/Jalopnik
A A A
JAKARTA - Pencuri mobil tidak pernah kehabisan ide dalam beraksi. Kali ini mereka punya trik baru yang sangat kreatif dan canggih yakni memanfaatkan celah yang ada di lampu depan mobil.

Dilaporkan Autoblog, trik tersebut sudah terlihat dari beberapa peristiwa pencurian mobil yang terjadi di Amerika Serikat belakangan ini. Menariknya dari aksi pencurian itu sama sekali tidak ditemukan upaya pembobolan melalui pintu atau kaca mobil.

Dr Ken Tindell dari Canis Automotive Labs mendeteksi teknik tersebut saat mobil Toyota RAV4 milik temannya, Ian Tabor, digondol pencuri. Beberapa hari kemudian, tetangga Ian Tabor juga jadi korban selanjutnya.

"Saat ini semua mobil baru punya sistem pengaman yang sangat menyeluruh. Sungguh aneh mobil tersebut bisa dibawa begitu saja," ujar Dr Ken Tindell.

Dari pengamatan CCTV, para pelaku kriminal justru terlihat tidak melakukan apa pun kecuali mengutak-atik lampu depan mobil.



Waspada, Pencuri Kini Bisa Gondol Mobil lewat Lampu Depan


Dari situ Dr Ken Tindell melihat adanya teknik baru yang benar-benar tidak perlu merusak kaca atau pintu mobil. Teknik itu dia namakan peretasan lampu depan mobil.

Dalam paparan yan dia tulis di LinkedIn, Dr Ken Tindell mengatakan peretasan lewat lampu depan mobil itu justru jadi pintu masuk untuk mengambil alih mobil dengang sangat mudah. Pasalnya melalui lampu itu pencuri bisa masuk ke sistem komputerisasi yang bernama CAN Bus System atau Controller Area Network.

Bagi yang belum familiar, CAN Bus System adalah metode yang digunakan banyak ECU di seluruh mobil moderen untuk berkomunikasi satu sama lain. Titik itulah yang kemudian dimanfaatkan oleh pencuri dengan melakukan serangan yang disebut sebagai "Injeksi CAN".
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3426 seconds (0.1#10.140)