Jangan Bikin Ban Mobil Stress saat Mudik, Ini Tips Perawatannya dari Bridgestone

Jum'at, 14 April 2023 - 13:16 WIB
loading...
Jangan Bikin Ban Mobil Stress saat Mudik, Ini Tips Perawatannya dari Bridgestone
Spooring dan balancing merupakan salah satu bagian dari perawatan ban mobil. Foto-foto/DOK. Bridgestone Indonesia.
A A A
JAKARTA - Ban merupakan salah satu komponen penting untuk segala jenis kendaraan. Ban adalah komponen kendaraan yang langsung kontak dengan jalan. Tidak heran jika ban merupakan komponen yang punya kaitan eratdengan keselamatan berkendara.

Jadi perawatan terhadap ban sangat mutlak dilakukan. Terlebih lagi jika ban kendaraan itu digunakan untuk perjalanan yang sangat jauh dan memakan waktu panjang. Seperti mudik Lebaran misalnya.

Faktanya, berdasarkan data dari operator jalan tol, Jasa Marga, pada musim mudik (arus mudik dan arus balik) tahun 2022 silam, yakni periode 25 April-5 Mei 2022, tercatat ada 4.107 kecelakaan lalu lintas dengan total 568 korban meninggal dunia. Angka itu masih cukup tinggi, meskipun menunjukkan penurunan jika dibandingkan periode yang sama pada 2019, di mana terdata 4.083 kecelakaan lalu lintas dengan 824 orang meninggal dunia.

Sementara itu disinyalir, satu dari lima penyebab utama kecelakaan adalah kendaraan yang bermasalah saat digunakan untuk mudik. Selain mesin, bagian dari mobil yang harus dicek ketika hendak mudik kekampung halaman adalah ban. Komponen ini krusial, karena menjadi satu-satunya titik kontak antara mobil dengan permukaan jalan.

Dari situlah PT Bridgestone Tire Indonesia ( Bridgestone Indonesia ) mengajak seluruh masyarakat, khususnya pengguna mobil pribadi, yang akan mudik ke kampung halaman untuk mengutamakan faktor keselamatan dan kenyamanan saat perjalanan arus mudik dan arus balik.



“Keselamatan menjadi faktor penentu kelancaran bagi pemudik yang menggunakan kendaraan pribadi saat pulang ke kampung halaman. Untuk itu, kami mengajak seluruh pengguna kendaraan pribadi agar melakukan pengecekan ban sehingga berkendara menjadi lebih aman, karena kondisi ban yang prima dapat mengurangi potensi timbulnya masalah saat perjalanan mudik,” ujar Presiden Direktur Bridgestone Indonesia, Mukiat Sutikno.

Untuk memastikan kondisi ban tetap prima selama perjalanan, berikut tips-tips penting perawatan ban
menjelang perjalanan mudik:

Jangan Bikin Ban Mobil Stress saat Mudik, Ini Tips Perawatannya dari Bridgestone

1. Lakukan Rotasi Ban

Melakukan rotasi ban adalah salah satu solusi merawat ban mobil agar perjalanan mudik lebih aman dan nyaman. Rotasi ban pada mobil memang disarankan untuk dilakukan secara rutin dengan jarak tertentu. Hal ini untuk menghindari terjadinya tingkat keausan ban yang tidak merata, yakni antara ban depan, belakang, maupun sisi kiri, dan kanan sehingga dapat memperpanjang usia pakai dari ban tersebut. Biasanya, ban depan mobil lebih rentan mengalami gesekan dan bisa lebih cepat tipis jika tidak dirotasi secara berkala.

"Ban mobil ada empat. Keempatnya itu bekerja sama satu sama lain agar mobil dapat jalan lurus, selaras. Makanya perlu misalnya dilakukan rotasi secara berkala untuk melihat tingkat keausan, agar ban tetap bisa berfungsi maksimal," jelas Deputy Head Of OE Sales PT Bridgestone Indonesia, Fisa Rizqiano.

2. Spooring dan Balancing


Salah satu kerusakan ban yang sering tidak terdeteksi adalah keausan tread atau tapak yang tidak merata. Tekanan angin yang tidak tepat, masalah suspensi mobil serta roda yang tidak sejajar adalah beberapa faktor yang dapat mengakibatkan keausan tidak merata ini. Melakukan spooring dan balancing pada teknisi ban terpercaya dapat menjadi solusi untuk mendeteksi dan mencegah kerusakan ban seperti ini menjelang perjalanan mudik ke kampung halaman.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1585 seconds (0.1#10.140)