Jangan Bikin Ban Mobil Stress saat Mudik, Ini Tips Perawatannya dari Bridgestone

Jum'at, 14 April 2023 - 13:16 WIB
loading...
A A A


3. Jaga Tekanan Ban Sesuai Standar


Memastikan tekanan angin ban yang tepat sangatlah penting. Tekanan yang terlalu rendah dapat membuat pengendali mobil menjadi limbung pada kecepatan tinggi, serta mengurangi efisiensi BBM ketika berkendara. Sebaliknya, tekanan yang terlalu tinggi dapat mengakibatkan ban terasa lebih keras serta aus lebih cepat pada bagian tengah.

Periksalah tekanan angin ban menjelang perjalanan mudik, dan pastikan sesuai dengan rekomendasi produsen kendaraan, yang dapat dilihat pada label yang ditempelkan di pilar pintu pengemudi atau buku manual kendaraan.

"Untuk keselamatan berkendara, pemilik mobil setidaknya perlu memastikan bahwa tekanan angin ban mereka sesuai. Kemudian cek kondisi ban, gundul atau tidak, lakukan rotasi dan periksa keselarasan roda atau wheel alignment," tegas Fisa.

4. Memastikan Ban dalam Kondisi Prima


Jika Anda melihat adanya tanda-tanda kerusakan ban mobil seperti tapak yang mulai aus, timbul keretakan maupun benjolan pada dinding ban, serta sudah terlalu banyak tambalan akibat ban bocor, ini bisa jadi merupakan tanda-tanda Anda perlu melakukan penggantian ban. Bila ini terjadi, memaksakan berkendara dengan kondisi ban tidak prima dapat meningkatkan resiko terjadinya hal yang tidak diinginkan selama perjalanan.

Untuk memastikan ban mobil Anda dalam keadaan prima, Anda dapat memeriksakan kondisi ban Anda pada teknisi terlatih dan terpercaya Bridgestone Indonesia dengan mengunjungi TOMO Bridgestone atau Bridgestone One Stop Service (BOSS) terdekat di kota Anda. Untuk menghemat waktu dan menghindari antrian, Anda juga dapat mengunjungi Tomonet.co.id untuk melakukan booking service pada jaringan distribusi Bridgestone.
(wsb)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1754 seconds (0.1#10.140)