Atasi Kejahatan di Jalan Raya, Polisi AS Dibekali Perangkat Canggih Guardian HX

Minggu, 16 April 2023 - 19:24 WIB
loading...
Atasi Kejahatan di Jalan Raya, Polisi AS Dibekali Perangkat Canggih Guardian HX
Senjata canggih Guardian HX polisi AS untuk mengatasi kejahatan di jalan. FOTO / TNY
A A A
NEW YORK - Pihak Kepolisian New York mengungkapkan bahwa mereka telah mendapatkan beberapa peralatan berteknologi tinggi dalam upaya mengatasi masalah kejahatan yang terjadi di jalan.



Seperti dilansir dari The New York Post, Peralatan ini, antara lain 5 unit robot keamanan dengan ketinggian 5 kaki dan juga sebuah peluncur GPS yang dapat digunakan hanya dengan Satu tangan

Peluncur GPS yang dikenal dengan nama Guardian HX mampu meluncurkan perangkat GPS, yang terdiri dari mekanisme peluncur, tubuh bagian atas, dan laras.

Magazine ini adalah unit baterai dan juga peluncur yang akan menggunakan gas bertekanan tinggi untuk meluncurkan perangkat GPS di ujung laras.

Menurut Departemen Kepolisian New York, perangkat GPS tersebut akan dipasang dengan perekat khusus, yang mampu terbang dengan kecepatan 60km/jam dengan jarak hingga 60 kaki. Setelah diaktifkan, perangkat ini akan menghasilkan sinyal ping dalam waktu 5 detik ke penerima, polisi, untuk melacak lokasi penjahat.

Departemen Kepolisian New York mengatakan alat ini dan masih dalam tahap percobaan di departemen kepolisian. Penggunaan alat ini pernah ditampilkan sebagai penyangga dalam film 2 Fast 2 Furious. Namun perlengkapan sebenarnya dari perangkat ini pernah diperlihatkan oleh pabrikan, dipasang di bemper depan mobil polisi

Dalam film 2 Fast 2 Furious, alat ini digambarkan tidak hanya mampu mendeteksi penjahat, tetapi juga mampu melumpuhkan sistem elektronik kendaraan hingga mesin mobil gagal menyala.

Penggunaan alat ini mengurangi resiko kecelakaan di pihak kepolisian dan juga pengguna jalan lainnya ketika terjadi aksi kejar-kejaran.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2043 seconds (0.1#10.140)