6 Jalur Mudik Terindah di Indonesia, Keren Banget!

Senin, 17 April 2023 - 17:35 WIB
loading...
6 Jalur Mudik Terindah di Indonesia, Keren Banget!
Sedikitnya terdapat enam jalur mudik di Indonesia yang terkenal dengan pemandangan indahnya. Foto DOK ist
A A A
JAKARTA - Sedikitnya terdapat enam jalur mudik di Indonesia yang terkenal dengan pemandangan indahnya. Sebagian besar di antaranya berada pada rute perjalanan di Pulau Jawa.

Mudik memang terkadang menjadi hal yang membosankan. Salah satu cara untuk merelaksasikannya yakni dengan menikmati pemandangan di setiap jalurnya.

Dari sekian banyaknya jalur mudik di Indonesia, terdapat beberapa jalur yang terkenal dengan pemandangannya yang indah.


Berikut enam jalur mudik yang terkenal dengan pemandangannya yang indah:

1. Tol Salatiga, Jawa Tengah

Tol Salatiga merupakan salah satu jalur mudik yang memiliki pemandangan indah. Keindahan dari jalur ini dapat dilihat dari megahnya Gunung Merbabu yang berada di sisi jalan tol ini.

Selain melewati Gunung Merbabu, para pemudik juga akan diberikan pengalaman yang luar biasa dengan diperlihatkan pemandangan indah dari gunung-gunung yang ada di Jawa Tengah.

2. Jalur Kledung, Jawa Tengah

Ketika akan melalui jalur mudik dari Wonosobo menuju Yogyakarta, para pemudik akan menyaksikan pemandangan yang luar biasa di pegunungan Kledung, Jawa Tengah.

Jalan utama dari jalur ini telah diapit oleh dua gunung indah dan megah, yaitu Gunung Sumbing dan Gunung Sindoro. Selain keindahan yang dirasakan, udara yang sejuk di jalur ini juga akan menemai perjalanan setiap pemudik.

3. Jalur Lingkar Nagreg, Jawa Barat

Selanjutnya ada jalur lingkar Nagreg yang memiliki pemandangan indah di sisi kanan dan kiri jalannya. Jalur yang satu ini berada pada belahan bukit di Kabupaten Bandung, Jawa Barat.

Dengan lokasinya yang berada di area perbukitan, tak heran jika di sepanjang jalannya para pemudik akan dimanjakan dengan pepohonan hijau yang menyegarkan mata. Meski begitu, area yang satu ini dikenal sebagai area rawan kecelakaan. Sehingga pemudik harus tetap hati-hati.


4. Jalur Pantura Rembang - Tuban, Jawa Timur

Seperti daerah di Pulau Jawa lainnya, Jawa Timur juga memiliki jalur mudik yang terkenal dengan keindahannya. Jalur pantura Rembang - Tuban juga dikenal sebagai rute indah karena lokasinya yang berada di pesisir Pantai Utara Jawa.

Para pemudik yang melalui jalur ini akan menyaksikan bentangan pantai yang indah. Jika melewatinya di sore hari, kawasan ini akan dipenuhi dengan perahu-perahu nelayan yang beragam.

5. Tol Suramadu, Jawa Timur

Masih berada di Jawa Timur, Tol Suramadu juga menjadi salah satu rute yang memiliki pemandangan indah. Jika berada di tol yang panjangnya mencapai 5.438 ini pemudik akan melihat seluruh perairan di Selat Madura.

Namun jika melintasinya di malam hari, pemudik akan diperlihatkan dengan keindahan jembatan yang telah dihiasi dengan adanya kerlap - kerlip dari cahaya lampu.

6. Kelok 44, Sumatera Barat

Jalur mudik yang satu ini berada di Kabupaten Agam Provinsi Sumatera Barat. Sepanjang perjalanan, pemudik akan dimanjakan dengan keindahan dari Bukit Barisan dan Danau Maninjau.

Karena keindahannya itu, jalur yang satu ini juga pernah dipakai untuk jalur lomba Tour de Singkarak. Namun sebelum melewati jalur kelok 44, para pemudik dipastikan telah mahir berkendara terlebih dahulu.
(bim)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1751 seconds (0.1#10.140)