Kecelakaan Mudik Lebaran 2023 Tinggi, Pengamat: Jangan Pasang Target!

Selasa, 25 April 2023 - 20:39 WIB
loading...
Kecelakaan Mudik Lebaran 2023 Tinggi, Pengamat: Jangan Pasang Target!
Kecelakaan mudik Lebaran 2023 tertinggi karena pemudik terburu-buru ingin cepat sampai. Foto: dok Sindonews
A A A
JAKARTA - Korlantas Polri mencatat ada 1.457 kecelakaan terjadi pada 18 April-23 April 2023, dengan 13 persen atau 189 diantaranya meninggal dunia.

Director Training Safety Defensive Consultant (SDCI) Sony Susmana mengatakan, kecelakaan terjadi akibat pengemudi memaksakan kondisinya.

“Pengemudi wajib mempersiapkan diri 3 hari sebelum melakukan perjalanan, dan beristirahat total satu hari sebelum mudik. Jika melakukan pola tersebut, maka perjalanan akan lebih aman karena kondisi fisik pengemudi bugar,” kata Sony.

Seperti diketahui, kecelakaan kerap terjadi akibat pengemudi yang lengah atau kehilangan konsentrasi.

Gangguan microsleep kerap menyerang pengemudi yang mengakibatkan kecelakaan fatal ketika berada di jalan tol. Microsleep adalah kondisi ketika seseorang tiba-tiba terjaga setelah tidur sebentar atau merasa sangat mengantuk. Pada saat itu terjadi kehilangan kesadaran selama beberapa detik atau kurang dari satu menit.

Ini bisa sangat berbahaya jika terjadi ketika seseorang sedang melakukan aktivitas yang memerlukan kewaspadaan, seperti mengemudi.

“Jaga kesehatan, pastikan asupan makanan dan minuman setidaknya mendekati 4 sehat 5 sempurna. Kemudian menerapkan gaya berkendara defensif, paling tidak ini memberikan rasa aman selama perjalanan,” tutur Sony.

Pada musim mudik lebaran, Sony mengatakan banyak pemudi yang memasang sistem target, artinya berangkat pukul sekian dan sampai di tujuan pukul sekian di hari yang sama.



Menurutnya, itu sangat berbahaya karena pengemudi akan merasa tergesa-gesa dan memacu mobil dengan kecepatan tinggi.

Hal ini dapat membuat kondisi tubuh menurun, sehingga kehilangan konsentrasi yang akan menyebabkan kecelakaan. “Jangan pasang sistem target. Semua jalan pasti macet, siapkan waktu dua hari di perjalanan. Singgah di suatu daerah apabila hari sudah mulai gelap dan lanjutkan perjalanan pada esok harinya,”ujarSony.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1137 seconds (0.1#10.140)