Mode Kepiting di Hyundai Ioniq 5 Bikin Pengemudi Jadi Jago Parkir

Jum'at, 28 April 2023 - 08:36 WIB
loading...
Mode Kepiting di Hyundai Ioniq 5 Bikin Pengemudi Jadi Jago Parkir
Hyundai e-Corner System nantinya bisa digunakan untuk semua mobil tidak hanya Hyundai. Foto/Carbuzz.
A A A
JAKARTA - Hyundai Mobis (Mobility Beyond Integrated Solution) pernah bikin kejutan dengan menghadirkan sistem penggerak roda mode kepiting atau e-Corner System di Hyundai Ioniq 5 di ajang Consumer Electronic Show (CES) 2023 awal tahun ini. Saat itu Hyundai Ioniq 5 ditampilkan memiliki kemampuan berjalan miring, pivot dan diagonal layaknya kepiting.

Hanya saja saat itu mereka tidak menunjukkan manfaat langsung dari e-Corner System. Diketahui teknologi e-Corner System adalah serangkaian fitur yang dimungkinkan dengan menghapus powertrain dan suspensi standar Ioniq 5 dan menggantinya dengan empat modul mandiri dengan brake-by-wire, steer-by-wire, damper, dan in- motor roda. Karena berdiri sendiri, posisi roda tidak statis dan dapat bergerak bebas hingga 90 derajat.

Kini di publikasi terbaru, Hyundai Mobis langsung memperlihatkan manfaat apa saja yang bisa dirasakan pengemudi Hyundai Ioniq 5 yang telah dilengkapi dengan e-Corner System.





Manfaat yang paling terasa adalah saat pengemudi ingin memarkirkan mobil Hyundai Ioniq 5. Pengemudi tidak perlu repot-repot lagi dengan segala jenis parkir mobil yakni paralel dan seri.

Saat hendak parkir paralel, pengemudi Hyundai Ioniq 5 tinggal mengaktifkan mode kepiting. Jadinya mobil tinggal bergerak ke samping tanpa harus repot maju mundur lagi.



Begitu juga saat mobil hendak diparkirkan dalam kondisi parkir seri. Saat mode pivot diaktifkan maka bagian belakang mobil bisa bergeser 180 derajat hingga sejajar dengan kondisi parkir seri.

Disebutkan Carbuzz, sistem penggerak roda itu nantinya akan segera diaplikasikan ke berbagai mobil Hyundai terlebih dulu. Setelahnya sistem itu bisa digunakan oleh pihak lain termasuk kompetitor dari Hyundai.

"Semakin banyak sistem penggerak roda itu digunakan maka semakin terjangkau harga sistem tersebut," sebut Carbuzz.
(wsb)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2498 seconds (0.1#10.140)