Jangan Senang Dulu, Bau Mobil Baru Ternyata Berpotensi Timbulkan Kanker

Minggu, 30 April 2023 - 08:56 WIB
loading...
Jangan Senang Dulu, Bau Mobil Baru Ternyata Berpotensi Timbulkan Kanker
Banyak orang senang dengan sensasi bau yang ada di mobil baru. Namun semakin lama bau bertahan justru semakin berbahaya karena bisa menimbulkan kanker. Foto/Auto Stuff Works.
A A A
JAKARTA - Banyak orang sangat senang dengan bau dari mobil baru . Mereka bahkan berupaya sebisa mungkin agar bau mobil baru itu tetap dipertahankan selama mungkin.

Padahal studi menyebutkan bau itu justru bisa menimbulkan kanker. Beijing Institute of Technology justru mengatakan bau mobil baru justru disebabkan oleh reaksi kimia tertentu. Sayangnya reaksi kimia itu bersifat karsinogenik yang berpotensi menyebabkan kanker .

Hal itu didasarkan pada penelitian 12 hari terhadap mobil-mobil baru. Selama 12 hari mereka menganalisa tingkat bahan kimia atau senyawa organik volatil yang menguap di kabin mobil baru.

Disebutkan Science Direct senyawa organik volatil dapat dikeluarkan oleh bahan kulit, plastik, dan perangkat vinil seperti perekat, sealant, dan pembersih kaca. Semua komponen itu diketahui ada di bagian interior mobil.



Jangan Senang Dulu, Bau Mobil Baru Ternyata Berpotensi Timbulkan Kanker


Penelitian tersebut memang tidak secara langsung membahas masalah kesehatan yang terkait dengan penghuni mobil yang terpapar bahan kimia organik. Hanya saja tim peneliti mengatakan bahwa senyawa tersebut dapat terus menguap setelah periode pengujian 12 hari berpotensi menghadirkan risiko jangka panjang.

"Risiko pelepasan bahan kimia dapat meningkat karena interior mobil semakin panas, seperti saat diparkir di bawah sinar matahari dalam waktu lama," sebut Haimei Wang dari Beijing Institute of Technology.

Ini bukan pertama kalinya bau mobil baru dikaitkan dengan penyakit. Pada 2016, peneliti CSIRO Australia menemukan tingkat emisi beracun yang tinggi pada mobil baru setidaknya enam bulan setelah mereka meninggalkan ruangan showroom atau dealer.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2110 seconds (0.1#10.140)