Picu Reaksi Keras Toyota, Ini Komponen Mobil Daihatsu yang Dimanipulasi

Selasa, 02 Mei 2023 - 17:16 WIB
loading...
Picu Reaksi Keras Toyota, Ini Komponen Mobil Daihatsu yang Dimanipulasi
Komponen mobil ini diduga dimanipulasi dan mengundang reaksi keras Toyota. FOTO/ TMC
A A A
MENLO PARK - Daihatsu tengah berjuang keras menyakinkan konsumennya terkait dugaan manipulasi data uji keamanan di beberapa model produknya.



Daihatsu Motor Co (DMC) pada 28 April 2023 telah mengakui pelanggaran yang dilakukan Daihatsu dengan meminta maaf kepada seluruh pelanggan.

DMC akui adanya pelanggaran dalam uji keselamatan empat model kendaraannya, termasuk Perodua Axia baru.

Lalu perangkat apa yang dimanipulasi Daihatsu, CEO Toyota Motor Corporation, Akio Toyoda menyebut Daihatsu telah melakukan manipulasi data terkait perangkat door trim atau kemasan pintu dengan tujuan meminimakan risiko cedera pada penumpang.

Saat uji tabrak dilakukan, perangkat khusus ini memang dimasukkan sebagai desain standar. Namun saat kendaraan tersebut diproduksi secara massal, fitur lekukan khusus ini pun "dihilangkan".

“Kesalahan yang dilakukan oleh Daihatsu Motor Corporation (DMC Co. Ltd.) menyangkut aspek keselamatan yang merupakan aspek terpenting dari sebuah kendaraan. Kami menyatakan tindakan ini sama sekali tidak dapat diterima dan merupakan pengkhianatan terhadap kepercayaan pelanggan. Kami mohon maaf kepada semua pelanggan yang terlibat di seluruh dunia dan semua pihak yang terlibat karena masalah yang terjadi" tutur CEO Toyota Motor Corporation, Akio Toyoda seperti diberitakan Reuters, Minggu (30/4/2023).

Door Trim atau Door Visor Salah satu komponen mobil saat berkendara yang memiliki fungsi yang cukup penting dan ergonomis, adalah panel pintu alias door trim.

Dengan begitu, komponen ini harus tetap dirawat, agar tetap berfungsi dan memiliki tampilan yang enak dilihat.

Pasalnya, jika tidak dirawat, door trim juga bisa mengalami keausan akibat pemakaian. Untuk memperpanjang umur pemakaian dan selalu terlihat apik, door trim harus selalu dibersihkan secara berkala
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2364 seconds (0.1#10.140)