Ini Pertimbangan Memilih Wuling Air ev untuk Kendaraan Harian

Jum'at, 05 Mei 2023 - 13:57 WIB
loading...
Ini Pertimbangan Memilih Wuling Air ev untuk Kendaraan Harian
Wuling Air ev diklaim bisa diandalkan sebagai mobil harian. FOTO/ DOK SINDOnews
A A A
JAKARTA - Mobil listrik kini mulai dilirik oleh masyarakat, biaya konsumsi daya listrik yang diklaim lebih murah, membuat mobil listrik kini mulai dilirik oleh masyarakat seperti Wuling Air ev.


Wuling Air ev menjadi model yang cocok sebagai kendaraan listrik harian, Wuling Air ev memiliki biaya kepemilikan terjangkau, hanya Rp5 jutaan saja per tahun atau per hari sekitar Rp16 ribuan.

Rinciannya adalah, Nilai Jual Kendaraan Bermotor (NJKB) Wuling Air ev adalah Rp185 juta dengan Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) per tahun harus dibayarkan sebesar Rp388.500. Kemudian untuk melakukan perawatan setahun atau 20.000 km, pemilik harus mengeluarkan biaya Rp544 ribu.

Giliran menghitung konsumsi daya listrik Wuling Air ev, diasumsikan 1 kWh pada Wuling Air ev bisa menempuh jarak 10 km. Menggunakan infrastruktur SPKLU PLN, dikenakan biaya listrik sebesar Rp2.475/kWh.

Dalam satu tahun atau 20.000 km, pemilik menghabiskan uang Rp4.950.000 untuk pembelian daya listrik Wuling Air ev.

Sebagai salah satu model yang mendapatkan insentif Pajak Pertambahan Nilai Ditanggung Pemerintah (PPN DTP), harga Wuling Air ev ini masih menarik. Jika dilihat dari website resmi Wuling Motors, terdapat tanda PPN 1 persen pada informasi Wuling Air ev. Harganya masih sama dengan catatan bulan lalu, namun kini sudah ditambah informasi harga belum dipotong PPN.

Pengurangan harga Wuling Air ev ini, jika dihitung secara kasar dengan PPN menjadi 1% itu sekitar Rp21-26 juta. Meskipun tidak sebesar rencana awal subsidi hingga Rp80 jutaan, namun penawaran ini juga menarik.

Jadi secara detail, harga Wuling Air ev untuk Standard Range Rp 243 juta dan setelah potongan PPN menjadi Rp222 Jutaan. Sedangkan yang Long Range Rp299,5 juta dan setelah potongan PPN menjadi Rp273 Jutaan.

Selain dari segi harga, keunggulan Wuling Air ev tentu saja dari fitur yang tersemat, seperti Wuling Indonesian Command (WIND) dengan kata kunci Halo Wuling.

Menyoal spesifikasinya, Wuling Air ev Standard Range dibekali dengan baterai berkapasitas 17,3 kWh dan mampu menempuh jarak hingga 200 kilometer dalam sekali pengecasan. Sedangkan untuk varian Long Range, baterai yang disematkan dibekali kapasitas 26,7 kWh dan dapat menjelajah hingga 300 kilometer dalam sekali pengecasan.

Untuk menambah kenyamanan konsumen Wuling Air ev, model ini juga dipersenjatai dengan sederet teknologi seperti Wuling Indonesian Command (WIND) dan Internet of Vehicle (IoV) yang dapat memudahkan pengoperasian beberapa fitur unggulan.

Sementara untuk aspek keselamatannya, mobil listrik mungil rakitan Cikarang, Bekasi, Jawa Barat, telah dibekali beberapa fitur terkini seperti dual airbag, ABS dan EBD, Electronic Stability Control.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1060 seconds (0.1#10.140)