25 Tahun Gantikan Echo, Toyota Yaris Cetak Rekor Penjualan 10 Juta Unit

Jum'at, 05 Mei 2023 - 17:52 WIB
loading...
25 Tahun Gantikan Echo, Toyota Yaris Cetak Rekor Penjualan 10 Juta Unit
Toyota Yaris kembali mencetak rekor penjualan mencapai 10 juta unit, yang berarti bergabung dengan produk papan atas Toyota lainnya, seperti Camry, Corolla, HiLux, LandCruiser, dan RAV4, yang membukukan angka penjualan delapan digit. Foto/GoAuto
A A A
PARIS - Toyota Yaris kembali mencetak rekor penjualan mencapai 10 juta unit, setelah 25 tahun menggantikan Echo. Berarti Toyota Yaris telah bergabung dengan produk papan atas Toyota lainnya, yaitu Camry, Corolla, HiLux, LandCruiser, dan RAV4, yang membukukan angka penjualan delapan digit.

Toyota Yaris yang awalnya memulai debut sebagai hatchback, dikenal sebagai jenius kecil dengan dampak besar. Toyota Yaris terus meningkatkan standar inovasi dan memenangkan banyak penghargaan selama bertahun-tahun.

Saat model pertama Toyota Yaris diungkap di Paris Motor Show 1998, Toyota langsung memantapkan dirinya sebagai pemimpin pasar. “Tolok ukur penjualannya yang luar biasa adalah bukti popularitasnya yang luar biasa,” tulis laman carspiritpk dikutip SINDOnews, Jumat (5/5/2023).



Toyota Yaris dirilis di Jepang pada tahun 1999, termasuk varian sedan. Mobil tersebut dipasarkan dengan nama berbeda termasuk Vitz, Platz, Echo, Belta, Vios, dan Scion iA. Angka penjualan 10 juta, hanya mencakup untuk nama Yaris, Vitz, Yaris Cross, dan GR Yaris.

Hatchback Yaris yang populer kini memasuki generasi keempatnya, yang memulai debutnya pada tahun 2020. Dengan peningkatan generasi ini, ia menjadi mobil kompak teraman di dunia, berkat penyertaan Advanced Driver Assistance Systems (ADAS) sebagai fitur standar.

Model generasi keempat dibangun di atas platform GA-B Toyota New Global Architecture (TNGA), yang memberikan kinerja dinamis yang lebih besar serta pengendaraan dan penanganan yang lebih mulus. Mobil tersebut memiliki desain yang eye-catching dan tampil lebih luas, lebih rendah, dan lebih kompak.

Penggerak kendaraan adalah drivetrain yang lebih efisien yang meningkatkan output sistem total sebesar 16%. Versi performa yang disebut GR Yaris juga mengemas mesin 3 silinder paling bertenaga di dunia di bawah kapnya.



Toyota memproduksi hatchback Yaris di 10 negara berbeda di seluruh dunia, termasuk Jepang, Brasil, dan China. Tonggak penjualan ke-10 juta dari mobil tersebut adalah versi Yaris GR Sport yang diproduksi di Prancis, yang merupakan rumah bagi produksi mobil tersebut di Eropa sejak tahun 2001.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1351 seconds (0.1#10.140)