Tips Aman Berkendara Saat Hujan Menggunakan Mobil

Jum'at, 12 Mei 2023 - 07:25 WIB
loading...
Tips Aman Berkendara Saat Hujan Menggunakan Mobil
Tips aman berkendara saat hujan menggunakan mobil penting diketahui. Foto: Sindonews/Yulianto
A A A
JAKARTA - Tips aman berkendara saat hujan menggunakan mobil wajib dipahami pengguna. Ini karena berkendara saat hujan menggunakan mobil bisa menjadi tantangan tersendiri. Mulai dari kondisi jalan licin , visibilitas berkurang, hingga faktor lainnya.

Ada beberapa risiko yang perlu dipahami pengguna saat berkendara saat hujan :

1. Risiko kecelakaan meningkat karena ondisi jalan yang basah dan licin dapat membuat mobil lebih sulit dikendalikan.

2. Jarak pandang terbatas saat hujan, bahkan menjadi lebih buruk saat hujan deras. Ini bisa membuat pengemudi kesulitan melihat lalu lintas sekitar.

3. Jalan yang basah dapat membuat ban mobil kehilangan traksi atau cengkeraman dengan jalan, membuat mobil lebih sulit untuk dikendalikan.

4. Waktu reaksi pengemudi mungkin lebih lama saat hujan, disebabkan visibilitas buruk dan kondisi jalan yang licin.

Untuk mengatasi tantangan risiko-risiko diatas, berikut beberapa tips aman berkendara saat hujan menggunakan mobil:

1. Pastikan kendaraan prima

Cek rem, ban, lampu, dan sistem lainnya sebelum memulai perjalanan. Pastikan semuanya berfungsi dengan baik, termasuk wiper kaca depan dan sistem pengembun kaca depan.

2. Kecepatan rendah

Berkendara pada kecepatan yang lebih rendah selama hujan dapat membantu menghindari bahaya dan memperpanjang jarak pengereman yang dibutuhkan.

3. Jarak cukup antara kendaraan
Tips Aman Berkendara Saat Hujan Menggunakan Mobil

Pastikan Anda memberi jarak cukup dengan kendaraan di depan. Ini dapat memberi waktu cukup untuk merespons perubahan di jalan dan mencegah tabrakan.

4. Hindari rem tiba-tiba

Rem secara bertahap dan pastikan memiliki jarak cukup untuk berhenti sepenuhnya. Hindari rem tiba-tiba yang dapat menyebabkan kendaraan meluncur atau menyebabkan hilang kendali. Mendadak menginjak rem karena bisa menyebabkan aquaplaning.

5. Hindari banjir

Jangan mencoba untuk menyeberang banjir yang dalam atau tidak diketahui kedalamannya. Banjir dapat menyebabkan kerusakan permanen pada kendaraan dan bahkan menyebabkan kecelakaan.

6. Hindari area licin

Hindari area yang terlihat licin, seperti daerah dengan dedaunan atau oli. Hindari melakukan gerakan yang tiba-tiba dan menjaga kendaraan dalam kondisi stabil.


7. Fokus pada perjalanan

Hindari makan atau minum saat berkendara dan hindari distraksi lainnya seperti penggunaan ponsel atau mengatur GPS. Fokus pada perjalanan dan jangan terganggu oleh hal-hal lain yangtidakpenting.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3492 seconds (0.1#10.140)