Pirelli Kenalkan Ban Slick Baru untuk Formula 1 2023, Diklaim Dukung Mobil Melaju Lebih Cepat

Sabtu, 13 Mei 2023 - 09:26 WIB
loading...
Pirelli Kenalkan Ban Slick Baru untuk Formula 1 2023, Diklaim Dukung Mobil Melaju Lebih Cepat
Pirelli berencana memperkenalkan spesifikasi ban slick baru pada Grand Prix Inggris dan seterusnya untuk meningkatkan performa mobil balap Formula 1 pada tahun 2023. Foto/Motorsport
A A A
MILAN - Pirelli berencana memperkenalkan spesifikasi ban slick baru pada Grand Prix Inggris dan seterusnya untuk meningkatkan performa mobil balap Formula 1 pada tahun 2023. Ban slick baru ini diklaim memiliki waktu putaran konsisten lebih cepat dalam lima lap awal.

Ban racing slick atau slick adalah jenis ban yang memiliki tapak halus yang banyak digunakan pada balap mobil. Pirelli telah mengerjakan konstruksi baru untuk ban cuaca keringnya agar lebih baik menghadapi perkembangan mobil balap Formula 1 di masa depan yang semakin cepat dan downforce tinggi.

“Spesifikasi baru berisi bahan yang telah kami kembangkan untuk 2024, yang akan membuat ban lebih tahan banting tanpa memengaruhi parameter teknis lainnya atau perilakunya di trek. Pirelli akan menyediakan dua set ban tambahan per mobil untuk digunakan selama FP1 dan FP2 di Grand Prix Spanyol,” kata kepala motorsport Pirelli, Mario Isola dikutip dari laman motorsport, Sabtu (13/5/2023).



Dia menyebutkan, penggunaan ban slick baru terbukti lebih baik dan meraih pole position di Miami Grand Prix sekitar dua detik lebih cepat dari tahun lalu. Ban slick baru ini diharapkan bukan hanya membuat mobil lebih cepat, juga memberikan kinerja yang lebih konsisten pada beban yang lebih tinggi.

“Pirelli selalu memasok produk yang mencapai target kinerja yang ditentukan oleh pemangku kepentingan. Selain itu, juga mengantisipasi potensi masalah dan bereaksi dengan cepat,” kata Mario Isola.

Masih ada lima balapan lagi sebelum debut ban slick baru di Silverstone, termasuk tiga akhir pekan berturut-turut di Imola, Monaco dan Barcelona diikuti oleh Grand Prix Kanada pada bulan Juni dan perjalanan ke Austria pada awal Juli. Pirelli harus meminta perubahan spesifikasi ban berdasarkan peraturan teknis saat ini, dengan pembaruan yang disetujui oleh FIA.

Diketahui ada delapan kompon ban yang tersedia untuk musim 2023. Dua di antaranya untuk pengendaraan cuaca basah, intermediate yang ditunjukkan dengan dinding samping hijau, untuk kondisi genangan air ringan.



Kemudian, full wet yang ditunjukkan dengan dinding samping biru, untuk digunakan ketika genangan air yang berat. Kedua jenis ban ini tersedia untuk semua tim di setiap Grand Prix.
Pirelli Kenalkan Ban Slick Baru untuk Formula 1 2023, Diklaim Dukung Mobil Melaju Lebih Cepat


Enam kompon ban yang tersisa adalah untuk dry running dan dilambangkan dengan C0 hingga C5. Untuk kode C0 sebagai ban yang paling keras, yang berarti memberikan cengkeraman paling sedikit tetapi paling tahan lama.

Sedangkan, kode C5 sebagai yang paling lembut, memiliki cengkeraman paling banyak tetapi paling tidak tahan lama. Keenam senyawa ban membentuk skala daya tahan dan tingkat cengkeraman geser.

Kemudian Pirelli mengumumkan perubahan pada kompon ban yang tersedia untuk tahun 2023, dengan kompon yang akan disisipkan di antara kompon C1 dan C2. Perubahan ini seharusnya memberi tim opsi strategi yang lebih fleksibel setelah kritik terhadap kompon C1 asli karena penurunan cengkeraman yang besar dibandingkan dengan ban lainnya.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1539 seconds (0.1#10.140)