Memahami Jenis Kompon Ban yang Sesuai dengan Model Kendaraan

Kamis, 11 Mei 2023 - 14:27 WIB
loading...
Memahami Jenis Kompon Ban yang Sesuai dengan Model Kendaraan
Memahami Jenis Kompon Ban. FOTO/ LBVG
A A A
JAKARTA - Ban merupakan salah satu komponen yang sangat penting pada kendaraan bermotor. Kualitas dan ukuran ban akan mempengaruhi keselamatan, akselerasi, pengereman, dan pengendalikan kendaraan.



Oleh karena itu, apabila ingin mengganti ban kendaraan, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum memasangnya. Ini penting diketahui untuk mengukur tingkat keausan ban, ukuran ban, jenis kompon ban, dan sebagainya.

Untuk mendukung fungsinya tersebut, ban dibentuk dari komponen yang berbeda. Kompon adalah material dasar pembentuk ban, baik itu karet alami atau karet buatan alias sintetis.

Pada umumnya, ada kompon yang keras (hard), menengah (medium), dan lunak (soft). Mari kita kenal lebih jauh ban jenis ini.

Pertama ban hard. Sebagaimana namanya, ban ini dibentuk dari material terkeras. Keuntungan dari jenis ban ini adalah lebih awet karena tidak mudah aus. Namun kerugiannya, ban ini punya daya cengkeram yang paling lemah dibanding yang lain.

Lalu ban soft. Ban ini dibuat dari karet lunak. Keuntungannya, grip atau cengkeraman ke aspal lebih baik ketimbang ban hard. Namun, karena ban ini lunak, maka karetnya cepat aus. Dengan demikian ban ini relatif tidak cocok untuk penggunaan harian.

Terakhir adalah tipe medium. Kekerasan ban ini terletak di antara ban soft dan hard. Karena itu ban ini relatif lebih tahan lama, tapi juga tetap punya daya cengkeram yang bagus. Bisa dibilang, komponen ini adalah yang paling aman untuk ban di kendaraan yang dipakai sehari-hari.
.
Untuk memberikan jenis bahan kompon ban dari segi produk, Bridgestone merek yang lahir pada tahun 1931 ini juga selalu menjaga alur kualitas, dari hulu sampai hilir, dimulai dari pemilihan vendor bahan baku sampai berbentuk ban, yang harus sesuai dengan standar global Bridgestone.

“Kami bangga dan kami berterima kasih kepada seluruh konsumen serta mitra kerja kami sehingga masyarakat di Indonesia terus yakin dengan brand Bridgestone. Penghargaan ini akan terus menjadi penyemangat kami dalam menyumbang masyarakat dengan mutu tertinggi, sesuai dengan misi Bridgestone selama ini,” ujar Presiden Direktur Bridgestone Indonesia, Mukiat Sutikno pada ajang 8th WOW Brand Festive Day yang diselenggarakan oleh Markplus, Inc., Kamis (11/5/2023), di Jakarta

Itulah sebabnya, ban yang diproduksi Bridgestone Indonesia di kedua pabriknya, di Bekasi dan Karawang, berhasil diekspor ke lebih dari 70 negara, termasuk ke negara asal merek ini, Jepang.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2607 seconds (0.1#10.140)