Rifat Sungkar Bikin Proyek Misterius, Ingin Wujudkan Mitsubishi Xpander Bertenaga 600 Daya Kuda

Selasa, 16 Mei 2023 - 08:12 WIB
loading...
Rifat Sungkar Bikin Proyek Misterius, Ingin Wujudkan Mitsubishi Xpander Bertenaga 600 Daya Kuda
Mitsubishi Xpander AP4 telah memberikan banyak gelar buat Rifat Sungkar. Foto/Xpander Rally Team
A A A
JAKARTA - Mitsubishi Xpander AP4 saat ini memang jadi berkah tersendiri bagi pembalap Rifat Sungkar. Mobil Low MPV andalan Mitsubishi tersebut telah memberikan banyak gelar prestisius buat Rifat Sungkar seperti di 2021 berhasil jadi juara 1 Sprint Rally.

Prestasi itu kemudian berlanjut pada 2022 dimana Rifat Sungkar dan Mitsubishi Xpander AP4 jadi juara nasional Rally Indonesia. "2023 mau apa lagi, pastinya ada yang lebih menarik lagi. Ini lebih gila lagi," ujar Rifat Sungkar melalui kanal YouTube Rifato miliknya.

Dalam unggahan video tersebut Rifat Sungkar memperlihatkan kondisi Mitsubishi Xpander AP4 yang telah diobrak-abrik. Hanya menyisakan bodi mobil berikut keempat ban.



Wakil Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) itu mengatakan saat pertama kali dia membuat Mitsubishi Xpander AP4 ada loncatan teknologi yang dilakukan. Mitsubishi Xpander yang awalnya dilengkapi dengan mesin empat silinder berkapasitas 1.500 cc diganti dengan mesin turbo 1.600 cc dengan sistem penggerak empat roda.

Perubahan itu membuat mesin yang semula 104 daya kuda berubah jadi 300 daya kuda. Nah untuk proyek tahun ini Mitsubishi Xpander AP4 akan benar-benar jauh lebih brutal tenaganya.

"Kalau Xpander AP4 itu 300 daya kuda, yang ini bisa dibilang tenaganya hampir dikali dua," ujar pria kelahiran 22 Oktober 1978 itu.

Tenaga sebesar itu menurut Rifat Sungkar terjadi karena adanya perubahan mesin. Mesin yang semula 1.600 cc diganti dengan mesin besar 6.100 cc. Jumlah silindernya jauh lebih banyak agar tenaga sebesar itu bisa dihasilkan.



Sayangnya Rifat Sungkar enggan membeberkan Xpander AP4 proyek misterius itu akan digunakan untuk apa. Hanya saja banyak pengikut kanal YouTube Rifato menduga mobil Mitsubishi Xpander AP4 itu akan digunakan untuk drifting atau speed offroad.

"Kalau drifting sepertinya enggak karena Rifat Sungkar bilang mobil ini masih ada jok untuk navigator," ujar salah satu pengikut kanal YouTube Rifato.

Kemungkinan besar memang Rifat Sungkar mempersiapkan mobil itu untuk menggantikan mobil dia lainnya yang sudah tidak digunakan lagi yakni Mr Fox. Mobil tubular itu dilengkapi dengan mesin yang sangat besa yakni 7.200 cc.

"Performanya seperti apa kita lihat saja karena proyek ini disiapkan untuk masa datang," tegas Rifat Sungkar yang juga suami dari aktris Sissy Priscillia.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1651 seconds (0.1#10.140)