Tips Pertolongan Pertama Ketika Terjadi Kecelakaan Kendaraan

Sabtu, 20 Mei 2023 - 20:47 WIB
loading...
Tips Pertolongan Pertama Ketika Terjadi Kecelakaan Kendaraan
Kesalahan dalam melakukan pertolongan pertama, justru bisa membahayakan korban. Foto/hseprime
A A A
JAKARTA - Kecelakaan kendaraan di jalan raya bisa terjadi kapan saja dan tidak pernah terduga. Seperti ketika dalam perjalanan berangkat kerja, pulang kerja, pergi nongkrong, pergi liburan dan sebagainya.

Saat melihat kecelakaan kendaraan di depan mata, tentunya setiap orang pasti ingin berusaha menolong korban kecelakaan. Namun, perlu diketahui, melakukan pertolongan pertama sesaat setelah kecelakaan, tidak bisa dilakukan sembarangan dan harus secara tepat.

Bila salah dalam melakukan pertolongan pertama, justru bisa membahayakan korban. Untuk itu, ada beberapa tips pertolongan pertama kecelakaan kendaran yang tepat sebagai berikut seperti yang dirangkum dari berbagai sumber:

1. Perhatikan Situasi Agar Tidak Membahayakan Diri

Menurut ahli trauma ekstremitas dari Siloam Hospital TB Simatupang, dr M Sadabaskara, SpOT, ketika memberikan pertolongan pertama, yang perlu diperhatikan ialah menjaga situasi agar tidak membahayakan diri sendiri. Contohnya, ketika ingin menolong korban tenggelam malah kita ikut tenggelam. Sebaiknya, tenangkan korban dan jangan ikut panik, lalu lindungi diri kamu dari bahaya yang timbul.



2. Perhatikan Kemampuan Bicara dan Pernapasan Korban

Saat ingin memberikan pertolongan pertama pada korban kecelakaan, ada satu hal penting yang perlu kamu perhatikan, yakni kemampuan berbicara dan pernapasan korban. Seperti saat ditanya 'nama bapak siapa?' dan dia bisa menjawab, itu berarti aman. Tapi, bila tidak menjawab, itu perlu diwaspadai.

3. Periksa Kesadaran Korban

Saat ingin menolong korban kecelakaan, periksa kesadaran korban dengan cara memperhatikan mata. Karena menurut dr M Sadabaskara, orang yang sadar pandangan matanya tidak kosong, dan bila ditatap matanya akan memberikan respon. Apabila tidak sadar maka itu berbahaya. Kemudian, periksa pembuluh darah dan suhu, bisa dilakukan dengan memegang tangan, biasanya suhu tubuh orang normal akan hangat.

4. Tetap Tenang dan Fokus

Tetaplah tenang saat menepikan kendaraan saat ingin berupaya menolong korban kecelakaan. Tapi kamu harus ingat, bahwa penting membuat korban tetap tenang seraya menunggu pertolongan lanjutan.



5. Hubungi Polisi atau Rumah Sakit Terdekat

Saat melihat kecelakaan kendaraan, segera laporkan kecelakaan dan hubungi polisi atau rumah sakit terdekat. Tapi, perlu diingat berikan informasi yang jelas dan lengkap, agar Rumah Sakit atau Polisi bisa dengan mudah datang ke lokasi kecelakaan.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2072 seconds (0.1#10.140)