4 Perusahaan Motor Jepang Berkongsi Kembangkan Sumber Energi Tenaga Hidrogen

Minggu, 21 Mei 2023 - 08:38 WIB
loading...
4 Perusahaan Motor Jepang Berkongsi Kembangkan Sumber Energi Tenaga Hidrogen
Ilustrasi energi hidrogen. Foto: Istimewa
A A A
JAKARTA - Empat perusahaan motor utama di Jepang, sepakat untuk mengembangkan mesin motor bertenaga hidrogen untuk mengurangi emisi karbon. Mereka pun akan berkongsi membuat penelitian bersama.

Dilansir dari Kyodo, keempat perusahaan motor itu adalah Honda Motor Co, Kawasaki Motors Corp, Suzuki Motor Corp, dan Yamaha Motor Co.

"Bulan depan mereka akan mulai mengatur sebuah organisasi yang didedikasikan untuk penelitian dan pengembangan tersebut," tulis laman itu, dikutip Minggu (21/5/2023).



Pengembangan ke arah teknologi hidrogen sejalan dengan kebijakan Jepang untuk mempromosikan hidrogen sebagai sumber energi generasi berikutnya, di mana air sebagai emisi bahan bakar.

Langkah ini dilakukan di tengah peraturan pengetatan tentang kendaraan bertenaga bensin ke kendaraan listrik.

Presiden Yoshihiro Hidaka mengatakan, hidrogen merupakan jenis energi bersih generasi berikutnya yang memiliki potensi besar untuk dikembangkan.

Toyota Motor Corp dan Kawasaki Heavy Industries Ltd, saat ini mulai mengembangkan mobil mesin hidrogen, termasuk pengetahuan dalam mengangkut hidrogen cair di dalam organisasinya.



Organisasi yang disebut Hydrogen Small Mobility & Engine Technology Association, itu juga rencananya akan mengundang pembuat motor di Amerika Serikat dan Eropa untuk ikut bergabung mempromosikan kendaraan bertenaga hidrogen di seluruh dunia.

Organisasi ini juga mempertimbangkan untuk memasang mesin seperti itu pada minivehicles, kapal kecil dan drone. Selain lebih ramah lingkungan, hidrogen juga dinilai lebih mudah terbakar dan sangat baik bagi mesin.

Asosiasi akan berkolaborasi dalam penelitian dasar untuk mesin bertenaga hidrogen, sementara keputusan untuk mengembangkan produk untuk penggunaan komersial akan tergantung pada masing-masing perusahaan.

"Meskipun telah terjadi pergeseran cepat ke arah model listrik, penting untuk memiliki berbagai kendaraan hijau untuk lebih mengurangi emisi karbon," pungkas Hidaka.
(san)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4809 seconds (0.1#10.140)