Gagah di IIMS, Tidak Ada Nama Esemka di Daftar Peserta GIIAS 2023

Rabu, 24 Mei 2023 - 20:02 WIB
loading...
Gagah di IIMS, Tidak Ada Nama Esemka di Daftar Peserta GIIAS 2023
Esemka saat berpameran di ajang IIMS 2023. Foto: dok Sindonews
A A A
JAKARTA - Pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023 , akan digelar di ICE BSD City, Tangerang, pada 10-20 Agustus.

Setidaknya ada 30 brand kendaraan roda empat yang akan meramaikan gelaran tersebut. Menariknya, tidak ada nama Esemka dalam daftarnya.

Esemka yang berstatus sebagai brand mobil swasta nasional pernah mengikuti pameran otomotif. Mereka meramaikan gelaran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2023, pada Februari lalu, dan terbukti berhasil menarik perhatian.

Di sana, PT Solo Manufaktur Kreasi (Esemka) memarkan Bima pikap dan Bima EV sebagai lini elektrifikasi mereka. Bahkan, penjualan mobil listrik untuk kendaraan niaga itu diklaim cukup memuaskan di sepanjang pameran.

Sayang, pada daftar sementara peserta GIIAS 2023, tidak ada nama Esemka. Padahal, ajang ini dapat dijadikan wadah promosi untuk menjangkau konsumen yang lebih luas, mengingat pameran otomotif tahunan ini juga jadi perhatian dunia.

“(Esemka) tidak ada kontek kita. Belum ada komunikasi," kata Yohannes Nangoi, Ketua Umum Gaikindo saat ditemui di Jakarta Pusat, Rabu (24/5).

Gagah di IIMS, Tidak Ada Nama Esemka di Daftar Peserta GIIAS 2023

Sekadar informasi, GIIAS 2023 diikuti lebih banyak merek. Ada total lebih dari 30 merek mulai dari Agen Pemegang Merek (APM) kendaraan penumpang, yang terdiri dari Audi, BMW, Chery, Citroen, Daihatsu, DFSK, Haval, Honda, Hyundai, KIA, Lexus, Mazda, Mercedez-Bens, MG, MINI, Mitsubishi Motors, Neta, Nissan, Ora, Porsche, Subaru, Suzuki, Tank, Toyota, VW, Wuling, dan dari kendaraan komersial hadir Hino, Isuzu, Mitsubishi Fuso, Toyota Komersial, dan UD Trucks.

Tiga merek Karoseri juga hadir pada GIIAS 2023, yakni Adiputro, Laksana, dan Tentrem. Sementara ada 14 APM (Agen Pemegang Merek) sepeda motor yang dipastikan meramaikan GIIAS 2023, seperti Astra Honda Motor (AHM), Aprilia, Benelli, Exotic, Harley Davidson, Ion Mobility, Keeway, Motoguzzi, Pacific, Piaggio, Polytron, Royal Enfield, Segway, dan Vespa. Serta ada lebih dari 100 merek peserta dari industri pendukung yang telah memastikan siap berpartisipasi dalam penyelenggaraan GIIAS 2023 The Series.



Sebelumnya, Presiden Direktur PT Solo Manufaktur Kreasi Eddy Wirajaya mengatakan pihaknya ingin mengikuti semua pameran. Namun, biaya yang besar menjadi ganjalan utama mereka dalam hadir dalam satu gelaran otomotif berskala internasional.

“Saat ini saya ingin ikut semua, tapi kan kita orang bisnis juga harus menghitung. Bikin booth mahal banget, beli tempat di sini ternyata mahal. Saya juga nggak nyangka bisa semahal ini. Remeh temehnya yang bikin mahal itu,” kata Eddy di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat, beberapawaktulalu.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2312 seconds (0.1#10.140)