Enggan Nyicil, Warga Bekasi Beli Mobil Bekas Selalu Bayar Kontan

Kamis, 25 Mei 2023 - 17:18 WIB
loading...
Enggan Nyicil, Warga Bekasi Beli Mobil Bekas Selalu Bayar Kontan
Suasana BroomHive, showroom mobil bekas milik Broom di kawasan Bekasi. Foto: Sindonews/Wahyu Sibarani
A A A
BEKASI - Warga Bekasi, Jawa Barat ternyata sangat berbeda dengan warga lainnya saat membeli mobil bekas . Mereka lebih senang membeli tunai dibanding kredit . Hal itu diungkap oleh CEO dan CO-Founder Broom, Pandu Adi Laras saat meresmikan showroom mobil bekas, BroomHive di kawasan Jati Asih, Bekasi, Jawa Barat, Kamis (25/5).

Pandu Adi Laras menceritakan fenomena itu terjadi saat menjelang liburan panjang Idul Fitri 1444 H pada April 2023 lalu.

Saat itu penjualan mobil bekas di wilayah Bekasi melonjak tinggi. Banyak warga Bekasi mencari mobil-mobil bekas yang usianya masih muda untuk dibawa pulang kampung untuk mudik.

“Hebatnya sebanyak 80 persen transaksi mobil bekas yang ada di Bekasi justru dilakukan secara tunai. Sisanya 20 persen baru menggunakan jasa pembiayaan,” jelas Pandu Adi Laras.

Hal itu bahkan dikonfirmasi oleh Plt Wali Kota Bekasi Tri Adhianto Tjahyono yang hadir dalam peresmian BroomHive. Dia mengatakan warga Bekasi lebih banyak menyimpan uang secara tunai.

Ini dirasakan dengan tingginya penjualan barang-barang elektronik yang hampir semuanya dilakukan tanpa menggunakan kartu debet atau kartu kredit.

"Sepertinya mereka (warga Bekasi) lebih banyak menyimpan uang di bawah kasur karena merasa lebih aman," ujar Tri Adhianto Tjahyono.

Enggan Nyicil, Warga Bekasi Beli Mobil Bekas Selalu Bayar Kontan

Kondisi itulah yang kemudian membuat Broom, startup digital otomotif ekosistem showroom mobil bekas di Indonesia, mendirikan showroom mobil bekas berukuran sangat besar di wilayah Bekasi, Jawa Barat bernama BroomHive.

Showroom tersebut justru bukan showroom mobil bekas biasa melainkan showroom mobil-mobil bekas yang dimiliki oleh pedagang mobil bekas.

Jadi, di BroomHive para pedagang mobil bekas menitipkan dagangan mereka untuk dijual agar konsumen tidak perlu repot berpindah-pindah dealer untuk menemukan mobil bekas yang diinginkan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2721 seconds (0.1#10.140)