Kenali 8 Tanda Aki Motor Perlu Diganti

Sabtu, 27 Mei 2023 - 16:57 WIB
loading...
Kenali 8 Tanda Aki Motor Perlu Diganti
Tanda-tanda aki motor perlu diganti penting dipahami pengguna kendaraan bermotor. Foto: dok Evalube
A A A
JAKARTA - Tanda-tanda aki motor perlu diganti penting wajib diketahui. Jangan sampai kendaraan mogok saat sedang berkendara.

Sepeda motor masa kini butuh aki untuk bekerja dengan optimal. Itu merupakan komponen penyedia dan penyimpan daya listrik yang disebarkan keseluruh bagian sistem kelistrikan.

Aki biasanya terdiri atas beberapa sel baterai berisi elektrolit dengan terminal positif negatif. Namun, seperti baterai pada umumnya, aki harus diganti secara berkala karena memiliki umur pakai terbatas.

Seiring berjalannya waktu, aki akan mengalami penurunan performa. Ini menyebabkan mesin motor menjadi sulit menyala dan berbagai komponen yang terkait dengan sistem kelistrikan tidak berfungsi optimal.

Oleh sebab itu, penting mengenali tanda aki perlu diganti. Disitat dari laman Suzuki, berikut 8 tanda yang menunjukkan aki motor perlu diganti.

1. Mesin Sulit Dihidupkan

Salah satu tanda yang paling umum aki motor perlu diganti adalah ketika mesin motor sulit dihidupkan. Utamanya lagi setelah kendaraan tidak digunakan dalam jangka waktu yang cukup lama.

Hal ini menunjukkan daya pada aki sudah menurun. Aki yang sudah lemah tidak dapat menghasilkan daya cukup untuk menghidupkan mesin. Bahkan, terkadang mesin motor tidak bisa dihidupkan sama sekali.

2. Starter Tidak Menyala atau Berbunyi Klik Ketika Ditekan

Kenali 8 Tanda Aki Motor Perlu Diganti

Tanda selanjutnya adalah ketika Anda menekan tombol starter tidak ada reaksi apapun, atau hanya terdengar bunyi klik. Hal ini menunjukkan aki motor tidak lagi mampu menyediakan daya listrik yang cukup untuk mengoperasikan dinamo starter.

3. Cahaya Lampu Motor Meredup

Selanjutnya, coba perhatikan cahaya lampu pada motor. Jika cahaya lampunya terlihat lebih redup daripada biasanya, ini bisa menjadi tanda bahwa aki motor sudah melemah dan perlu diganti.

4. Suara Klakson Mengecil atau Tidak Nyaring

Tanda lain bahwa aki perlu diganti adalah ketika suara klakson menjadi lebih kecil atau tidak nyaring seperti biasanya. Sebab, aki motor yang sudah lemah tidak dapat menyediakan cukup daya untuk menghasilkan suara klakson dengan kencang.

5. Tampilan Speedometer Semakin Redup

Saat ini, hampir setiap motor keluaran terbaru sudah dilengkapi dengan speedometer digital. Apabila tampilan speedometer digital sudah meredup atau mengalami error, bisa jadi aki motor yang lemah adalah penyebabnya.

Sebab, aki yang lemah tidak dapat menyediakan daya yang cukup untuk mengoperasikan komponen elektronik. Termasuk speedometer. Jadi, perhatikan apakah speedometer berfungsi normal atau tidak.

6. Tegangan Aki Motor di Bawah 12 Volt

Sepeda motor yang dilengkapi speedometer digital dapat menampilkan tegangan aki. Jika tegangan aki terus-menerus berada di bawah 12 volt saat berkendara, ini bisa menjadi tanda aki motor perlu diganti.

Jika terdapat indikator besaran tegangan aki, perhatikan apakah menyala atau tidak tampilan speedometernya. Jika lampu indikatornya berkedip atau menyala terus menerus, hal tersebut bisa menjadi salah satu indikasi.

7. Tarikan Motor Menjadi Berat atau Lemah

Bagi pemilik motor dengan sistem injeksi, coba perhatikan performa tarikan motor Anda. Jika tarikannya menjadi berat, tidak responsif, atau terasa lemah saat akselerasi, artinya aki motor tidak dapat menyediakan daya listrik yang cukup dan stabil.


8. Usia Pakai Aki Sudah Mencapai 2 Tahun atau Lebih

Meski tanda ini tidak bisa diperiksa secara teknis, namun usia pakai aki juga merupakan faktor penting yang perlu diperhatikan. Umumnya, aki motor memiliki masa pakai sekitar 2 tahun atau lebih tergantung kualitas aki dan kondisipemakaian.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2568 seconds (0.1#10.140)