Inilah Mobil Supersonik Bloodhound yang Kecepatannya Tembus 800 Km/jam

Sabtu, 27 Mei 2023 - 17:09 WIB
loading...
Inilah Mobil Supersonik Bloodhound yang Kecepatannya Tembus 800 Km/jam
Mobil supersonik Bloodhound lebih cepat dari peluru dengan kecepatan mencapai 800 km/jam. Foto: dok Wired
A A A
AMERIKA - Mobil supersonik Bloodhound bikin heboh dunia karena kecepatannya bisa tembus 800 km/jam. Ini artinya kecepatan mobil tersebut mengalahkan kecepatan peluru. Melansir dari Digital Trends, mobil supersonik Bloodhound terinspirasi jet tempur yang ditenagai oleh hibrida fiksi ilmiah-esque rantai penggerak.

Mobil satu ini dikembangkan selama delapan tahun, melibatkan lebih dari 350 perusahaan dan universitas dari seluruh dunia. Tenaga penggeraknya disediakan oleh mesin Rolls-Royce EJ200 yang dipinjam dari Eurofighter Typhoon.

Eurofighter Typhoon sendiri adalah pesawat tempur yang digunakan oleh Jerman, Spanyol, Inggris, dan Italia, di antara negara-negara lain. Mesin juga diambil dari roket Nammo yang diumpankan oleh mesin Jaguar V8 supercharged.

Dua sumber tenaga menghasilkan 133.151 hp, angka yang luar biasa yang mewakili tujuh kali lipat output gabungan dari setiap mobil Formula Satu yang masuk pada musim 2015.

Inilah Mobil Supersonik Bloodhound yang Kecepatannya Tembus 800 Km/jam

Untuk menjaga kekuatan yang luar biasa ini, mobil dilengkapi dengan tiga sistem pengereman terpisah, tujuh alat pemadam kebakaran, dan 500 sensor. Roda logamnya dirancang khusus yang dapat berputar 170 kali per detik.

Bloodhound terlihat seperti jet tempur tanpa sayap. Cangkang terluarnya sebagian besar terbuat dari serat karbon, dan dilengkapi dengan sayap setinggi 78 inci yang memastikannya tetap stabil bahkan pada kecepatan supersonik.



Kokpit dirancang oleh pengemudi, Andy Green, untuk memastikannya ergonomis dan senyaman mungkin. Instrumen utamanya sudah digital, tetapi dasbornya juga dilengkapi dengan cadangan analog jika terjadi kesalahan.

Sampai saat ini teknologi Bloodhound terus dikembangkan. Ini dilakukan untuk mempertahankan gelar mobil tercepat yang selamainidisandang.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1640 seconds (0.1#10.140)