5 Bus Favorit Lintas Jawa Sumatera, Mana Pilihanmu?

Jum'at, 02 Juni 2023 - 07:14 WIB
loading...
5 Bus Favorit Lintas Jawa Sumatera, Mana Pilihanmu?
PO bus SAN salah satu yang terpopuler di lintas Jawa Sumatera karena menggandeng Dinas Pariwisata. Foto: Instagram SAN
A A A
JAKARTA - Sedikitnya ada lima armada bus favorit untuk perjalanan Jawa-Sumatera. Salah satu opsi transportasi penghubung dua pulau di Indonesia ini memang sudah sejak lama menjadi pilihan masyarakat.

Sebagai penyedia jasa transportasi darat yang melintasi dua pulau membuat beberapa PO Bus Jawa Sumatera ini memiliki trayek panjang.

Meski begitu, para pemilik perusahaan tentulah melengkapi armadanya dengan fasilitas terbaik demi membuat para penumpang tetap nyaman meski melakukan perjalanan jauh.

Sebagian bus Jawa Sumatera ini terkenal dan bahkan “melegenda”. Ada yang terkenal akan fasilitasnya, dan ada pula yang populer karena harganya yang terjangkau. Membuat beberapa bus dikatakan sebagai yang terfavorit.

5 Bus Favorit Lintas Jawa Sumatera

Berikut ini lima bus favorit untuk perjalanan lintas Jawa – Sumatera:

1. Antar Lintas Sumatera (ALS)
5 Bus Favorit Lintas Jawa Sumatera, Mana Pilihanmu?

Perusahaan Otobus ALS telah menyediakan bus double decker mewah untuk memanjakan para penumpang ketika menempuh perjalanan jauh. PO Bus yang memiliki trayek mencapai 2.833 km ini menyediakan perjalanan Medan menuju Jember dan sebaliknya.

Tarif yang disediakan bervariasi tergantung dari jenis bus dan lokasi yang dituju. Namun harga yang disediakan ALS ini tidak ada yang mencapai Rp1 juta, paling mahal sendiri berkisar di angka Rp850 ribu.

2. Aman Nyaman Sentosa (ANS)
5 Bus Favorit Lintas Jawa Sumatera, Mana Pilihanmu?

PO Bus yang sempat mengalami masa kejayaan pada era 1970-an ini masih menjadi salah satu opsi transportasi lintas Jawa Sumatera. ANS melayani perjalanan dari kota Padang di Sumatera Barat menuju Bandung di Jawa Barat atau sebaliknya.

PO ANS sudah dilengkapi dengan AC dan toilet. Penumpang juga akan mendapatkan fasilitas tambahan berupa selimut dan bantal untuk istirahat.

3. Naikilah Perusahaan Minang (NPM)
5 Bus Favorit Lintas Jawa Sumatera, Mana Pilihanmu?

PO NPM terkenal karena harganya yang terjangkau untuk perjalanan jarak jauh Jawa Sumatera. Untuk harga tiket rute Jakarta-Bukit Tinggi sendiri hanya berkisar di angka Rp400 ribuan saja.

Perusahaan otobus yang telah ada sejak 1937 ini berdiri di Padangpanjang, Minangkabau, Sumatera Barat. Meski sudah tua dan minim fasilitas tetapi bagi orang-orang yang mengincar harga murah tetap akan memilih NPM.

4. Siliwangi Antar Nusantara (SAN)
5 Bus Favorit Lintas Jawa Sumatera, Mana Pilihanmu?

PO Bus yang satu ini mulai populer setelah menggandeng Dinas Pariwisata. Hal ini membuatnya memiliki banyak fasilitas kelas eksklusif yang buat perjalanan jauh tak akan berasa.

Untuk harga tiket yang disediakan sendiri tidaklah terlalu mahal, misalnya seperti rute Jakarta-Pekanbaru hanya dipatok harga sebesar Rp510 ribu saja.


5. Aneka Jaya
5 Bus Favorit Lintas Jawa Sumatera, Mana Pilihanmu?

Selanjutnya ada PO bus yang punya trayek sekitar 1969 km, dan menjadi PO bus dengan trayek terjauh saat ini. Perjalanan dari Pacitan menuju Pekanbaru di bus ini dapat ditempuh selama 45 jam.

Aneka Jaya menawarkan jasa transportasi antarkota-antarprovinsi (AKAP) dan memiliki beberapa kelas untukpenumpangnya.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2442 seconds (0.1#10.140)