Ini 7 Destinasi Wisata Menggunakan Mobil untuk Isi Liburan Sekolah

Jum'at, 09 Juni 2023 - 07:52 WIB
loading...
Ini 7 Destinasi Wisata Menggunakan Mobil untuk Isi Liburan Sekolah
Road trip menjadi salah satu opsi untuk mengisi libur sekolah ke berbagai daerah di Indonesia. Foto: dok Suzuki Indonesia
A A A
JAKARTA - Liburan sekolah tinggal menghitung hari. Tentu, banyak keluarga sudah merencanakan berbagai kegiatan untuk mengisi waktu liburan. Salah satunya liburan bergaya road trip atau perjalanan darat menggunakan mobil.

Road trip menggunakan kendaraan pribadi belakangan ini sangat populer karena banyak hal. Mulai infrastruktur jalan yang semakin baik, kebebasan dan fleksibilitas menentukan tujuan, eksplorasi destinasi wisata yang beragam, juga jadi cara efektif untuk bonding atau membangun hubungan dengan anggota keluarga.

Marketing Director PT Suzuki Indomobil Sales Dony Saputra mengakui, untuk menuju destinasi wisata tertentu memang pengemudi dihadapkan pada medan beragam. “Mulai jalanan macet, berkelok, hingga tanah yang berbatu,” ujarnya.

Ini 7 Destinasi Wisata Menggunakan Mobil untuk Isi Liburan Sekolah

Karena itu, Dony menyarankan untuk menggunakan mobil yang didesain dengan kemampuan melalui berbagai medan, seperti SUV. “Karakteristik SUV memiliki ground clearance cukup tinggi. Sehingga memudahkan pengemudi menghadapi kontur jalan variatif serta memberi kenyamanan untuk penumpang selama di perjalanan,” bebernya.

Ia mencontohkan Suzuki XL7 yang dapat diandalkan di berbagai medan, namun tetap memastikan kenyamanan dan keamanan yang maksimal. Nah, berikut beberapa rekomendasi destinasi wisata di seluruh Indonesia yang dapat dijadikan alternatif road trip:

1. Bukit Holbung, Danau Toba, Medan
Ini 7 Destinasi Wisata Menggunakan Mobil untuk Isi Liburan Sekolah

Bukit Holbung di Danau Toba, adalah daerah seluas 1.130 km2 yang dikelilingi air terjun, bukit, desa wisata, hingga museum. Akses menuju Bukit Holbung yang berada di Desa Tele pun terbilang cukup mudah. Ada dua rute yang dapat ditempuh, yaitu melalui rute Medan-Kabanjahe atau melalui rute Medan-Siantar dengan tujuan Desa Janji Martahan.

Di Bukit Holbung, seluruh anggota keluarga bisa melihat sisi lain dari Danau Toba dari ketinggian, melakukan trekking, dan menikmati udara segar.

2. Camping keluarga di Lampung
Ini 7 Destinasi Wisata Menggunakan Mobil untuk Isi Liburan Sekolah

Lampung menjadi salah satu destinasi wisata di Indonesia yang tidak boleh dilewatkan. Salah satu lokasi berkemah di Lampung adalah Puncak Bukit Cendara Pesawaran. Tenda kemah dapat dibangun bersebelahan dengan mobil yang diparkir. Jalan Lampung juga cukup mudah dan cepat diakses oleh wisatawan dari Jabodetabek.

3. Pantai Teluk Hijau, Banyuwangi
Ini 7 Destinasi Wisata Menggunakan Mobil untuk Isi Liburan Sekolah

Banyuwangi cocok bagi para pecinta pantai. Salah satunya adalah Pantai Teluk Hijau, pantai yang masih sepi dan asri yang berada di Taman Nasional (TN) Meru Betiri, Banyuwangi. Meski akses menjangkau pantai ini cukup menantang, namun pemandangan yang dijumpai pasti memuaskan.

4. Air Terjun Sekumpul, Bali

Selain pantai, Bali juga menyimpan beberapa tempat wisata tersembunyi seperti air terjun. Salah satunya adalah Air Terjun Sekumpul, yang berada di desa Sekumpul, kecamatan Sawan, kabupaten Buleleng Bali. Dinamakan Sekumpul karena terdiri dari sekumpulan air terjun, dengan jumlah mencapai tujuh air terjun yang mempesona, dikelilingi hutan yang sunyi dan masih asri.

5. Gua Bangkang, Lombok

Salah satu destinasi wisata tersembunyi Lombok adalah Gua Bangkang, terletak di Desa Prabu, Lombok Tengah. Gua ini lokasinya cukup dekat dengan beberapa tempat wisata seperti pantai Kuta Mandalika dan juga Pantai Selong Belanak. Selain tempatnya yang memang eksotis, Gua Bangkang juga merupakan tempat tinggal ribuan kelelawar.

6. Danau Labuan Cermin, Kalimantan Timur
Ini 7 Destinasi Wisata Menggunakan Mobil untuk Isi Liburan Sekolah

Dinamakan Labuan Cermin karena air danaunya memiliki lapisan yang membuat cahaya matahari memantul. Hal tersebut terjadi karena Danau Labuan Cermin memiliki rasa asin di permukaan, sementara air di dasar danau akan terasa tawar. Dua jenis air inilah yang membuat danau memiliki sebuah lapisan pemisah sehingga air dapat memantul.


7. Tana Toraja, Sulawesi Selatan
Ini 7 Destinasi Wisata Menggunakan Mobil untuk Isi Liburan Sekolah

Di Tana Toraja ini, Di wisatawan dapat melihat situs makam pahat di Lemo, makam goa purba di Londa, menhir di Rante Karassik, dan perkampungan Kete Kesu unik. Masyarakat Tana Toraja sangat menghormati leluhur dengan tetap menjaga eksistensi adat budayanya. Selain adat budaya, keluarga juga dapat mengunjungi objek wisata lain seperti Pallawa atau Tongkonan Pallawa, adalah salah satu tongkonan atau rumah adat yangsangatmenarik.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2372 seconds (0.1#10.140)