Mengenal Fungsi Anti-lock Brake System pada Motor

Selasa, 13 Juni 2023 - 19:05 WIB
loading...
Mengenal Fungsi Anti-lock Brake System pada Motor
Mengenal Fungsi Anti-lock Brake System . FOTO/ DOK CC
A A A
JAKARTA - Anti-lock Brake System atau ABS adalah suatu sistem pengereman pada kendaraan yang berfungsi untuk meningkatkan keamanan dan keselamatan saat berkendara.



Sistem ABS pada motor dikhususkan agar saat supir mengerem mendadak, sepeda motor tidak tergelincir atau terselip dalam kondisi jalanan yang basah atau licin.

Sistem ini dilengkapi oleh sensor yang berkemampuan untuk membaca kecepatan pada roda depan ataupun belakang.

Saat kecepatan roda depan dan roda belakang berbeda, maka data itu akan diberikan kepada ECU, lalu data dari ECU akan dibawa ke modulator. Dan ECU pada akhirnya akan menghidupkan solenoid. ECU sendiri merupakan otak dari kendaraan bermotor.

Berikut adalah komponen dari fitur ABS

1. Master Silinder

Komponen ini merupakan komponen yang penting dalam melakukan pengereman. Master Silinder memerlukan perawatan yang intensif agar kemampuannya dapat terjaga dengan baik dan menghindari kejadian rem blong.

Untuk fungsi, Master Silinder berfungsi untuk membuat tekanan dari pedal rem naik saat ditarik atau diinjak oleh pengemudi.

Tekanan yang sudah terbentuk pun akan berubah menjadi tekanan hidrolik. Tekanan hidrolik ini nantinya akan berfungsi untuk menekan piston pada silinder roda di setiap bagiannya. Dengan begitu, rem bisa berfungsi untuk menghentikan kendaraan.

2. ABS Hydraulic Control Valve


Dalam sistem pengereman ABS, setidaknya ada 3 katup;

Katup satu terbuka penuh untuk memaksimalkan tekanan minyak rem yang tersambung dengan rem.
Katup dua berfungsi untuk menghalangi tekanan minyak rem agar tidak dilanjutkan ke rem.

Katup tiga berfungsi untuk menghalangi beberapa tekanan dari minyak rem agar hanya hanya setengah saja yang diteruskan pada rem kendaraan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5256 seconds (0.1#10.140)