Suzuki Punya Mobil Kembar dengan Toyota, Ini Peluang Masuknya ke Indonesia

Rabu, 14 Juni 2023 - 06:06 WIB
loading...
Suzuki Punya Mobil Kembar dengan Toyota, Ini Peluang Masuknya ke Indonesia
Suzuki Engage akan diluncurkan pada 5 Juli 2023 dan sangat mirip dengan Toyota Innova Zenix yang dijual di Indonesia. Foto/Zeenews
A A A
JAKARTA - Kerja sama Suzuki dan Toyota dalam membuat mobil kembar semakin mesra. Setelah sebelumnya membuat mobil kembar Suzuki Grand Vitara dan Toyota Urban Cruiser Hyryder, saat ini hadir kembali Suzuki Engage yang mirip dengan Toyota Innova Zenix.

Kehadiran Suzuki Engage tentu menjadi pilihan menarik. Apalagi Indonesia sudah sangat terbiasa melihat mobil kembar.

Misalnya saja Toyota Avanza-Daihatsu Xenia, Toyota Raize-Daihatsu Rocky, hingga Mitsubishi Xpander-Nissan Livina. Suzuki bahkan pernah punya mobil kembar dengan Mazda yakni Suzuki Ertiga dan Mazda VX1.



Tentu akan jadi sangat menarik jika Suzuki Engage bisa mendampingi kembarannya Toyota Innova Zenix di Tanah Air. Hanya saja PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) punya jawaban tersendiri.

Donny Saputra, Marketing Director 4W PT SIS mengatakan saat ini mereka lebih fokus mengembangkan mobil-mobil yang mereka produksi di dalam negeri. Sementara mobil kembar Toyota dan Suzuki merupakan mobil yang diproduksi di luar Indonesia.

"Sekali pun ada mobil-mobil produksi luar yang kami bawa ke Indonesia itu dilakukan karena memang adanya permintaan," jelas Donny Saputra, Rabu (14/6/2023).

Dia memastikan bahwa mobil kembar antara Toyota dan Suzuki hanya akan terjadi di India saja. Sebab, hal itu merupakan lanjutan dari kerja sama antara Toyota India dan Maruti Suzuki. “Kalau memang ada rencana lain, itu merupakan ranah dari pabrikan bukan dari kami," jelasnya.



Diketahui Suzuki Engage memang memiliki kemiripan dengan Toyota Innova Zenix. hanya saja memang ada beberapa perubahan agar karakter Suzuki jadi lebih terlihat.
Suzuki Punya Mobil Kembar dengan Toyota, Ini Peluang Masuknya ke Indonesia
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5227 seconds (0.1#10.140)