Bukan Sekadar Hiasan, Ini Fungsi Ajaib Kancing Plastik di Sabuk Pengaman

Selasa, 20 Juni 2023 - 13:22 WIB
loading...
Bukan Sekadar Hiasan, Ini Fungsi Ajaib Kancing Plastik di Sabuk Pengaman
Kancing plastik yang ada di sabuk pengaman ternyata punya fungsi yang sangat menarik. Foto/Autopro
A A A
JAKARTA - Bagi para pengguna mobil tentu akan merasa ada yang unik setiap kali memasang sabuk pengaman sebelum mobil benar-benar berjalan. Mereka pasti melihat dan merasakan ada kancing plastik yang terpasang di tali sabuk pengaman tersebut.

Hanya saja keberadaan kancing plastik itu kerap tak dihiraukan. Alhasil banyak pengemudi dan penumpang mobil kurang memahami pentingnya kancing plastik di sabuk pengaman tersebut.

Menurut Autopro, kancing plastik berbentuk bulat itu justru memiliki fungsi yang sangat penting. Pertama, kancing itu justru dipasang agar pengemudi dan penumpang mobil bisa dengan mudah memasang sabuk pengaman.

Tanpa kancing bulat, sabuk pengaman akan mengulur panjang ke bawah. Pasalnya di bagian ujung sabuk pengaman terdapat gerendel yang bobotnya lebih berat. Jadi kancing bulat itu menahan agar sabuk pengaman tidak terulur ke bawah dan tetap pada posisinya.

Kedua, kancing bulat itu ternyata memiliki fungsi pelindung. Kancing bulat di sabuk pengaman ternyata bermanfaat dalam mengurangi risiko cedera pada pengguna mobil.

Jadi jika mobil mengalami kecelakaan dan terbentur dengan keras, kancing plastik itu akan secara otomatis mengunci dan menahan sabuk pengaman lebih erat. Hal itu sangat berguna untuk mengurangi ketegangan sabuk sehingga meminimalkan risiko cedera.

Pasalnya setiap kali terjadi tabrakan atau benturan, pengguna mobil yang ada di dalam akan bergerak maju karena pengaruh gaya inersia yang sangat berbahaya. Sabuk pengaman mencegah hal itu terjadi agar pengguna mobil bisa terhindar dari kecelakaan fatal.

Nah, salah satu cara meminimalisir kecelakaan adalah dengan memasang kancing plastik itu di sabuk pengaman.

Tujuan dari sabuk pengaman adalah untuk menjaga agar penumpang mobil tetap berada di kursi, tidak terburu-buru maju atau terjatuh dari mobil, sehingga sangat berperan penting dalam menjamin keselamatan penumpang saat berpartisipasi. lalu lintas. Jadi sekali lagi kancing plastik di sabuk pengaman itu ternyata bukan sekadar hiasan.
(nag)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1377 seconds (0.1#10.140)