Sejarah Audi, dari Mobil Iron Man hingga Pemilik Lamborghini

Sabtu, 24 Juni 2023 - 10:46 WIB
loading...
Sejarah Audi, dari Mobil Iron Man hingga Pemilik Lamborghini
Tony Stark di film franchise Iron Man yang selalu terlihat menggunakan Audi. Foto: ist
A A A
JAKARTA - Audi merupakan sebuah mobil Jerman yang memiliki posisi menarik dibanding mobil senegaranya. Siapa nyana Audi ternyata menguasai merek mobil sport legendaris, Lamborghini .

Bicara mobil Jerman banyak orang lebih sering mengenal Mercedes-Benz, BMW, dan Porsche. Padahal di antara trio Jerman itu ada satu mobil lagi yang sangat menarik untuk dicermati kiprahnya di dunia otomotif. Namanya adalah Audi.

Padahal merek mobil Audi adalah mobil yang sangat berpengaruh. Bahkan di industri hiburan mobil-mobil Audi kerap hadir memanjakan mata lewat film-film dunia.

Misalnya film franchise The Transporter yang diperani oleh Jason Statham. Seluruh film The Transporter tidak akan lengkap jika tidak menghadirkan mobil-mobil buatan Audi.

Belum lagi film Iron Man yang diperani oleh Robert Downey Jr. Sang tokoh utama di film Iron Man, Tony Stark tampil keren dengan mobil sport milik Audi yakni Audi R8. Sampai-sampai banyak orang mengenal Audi R8 sebagai mobilnya Iron Man.

Jadi Audi memang bukan merek mobil yang bisa dipandang sebelah mata. Apalagi faktanya juga terpampang nyata karena usianya sudah lebih dari 100 tahun.

Kisah Audi dimulai pada 1899 oleh August Horch dengan mendirikan Horch & Cie di Cologne. Di sanalah dia membantu membangun mobil pertamanya.

Setelah terjadi perbedaan pendapat dengan dewan perusahaan, August Horch membentuk perusahaan mobil kedua. Karena nama keluarganya sudah digunakan dan dilindungi merek dagang, dia memilih terjemahan bahasa Latin untuk perusahaan baru.

Dari situlah Horch diubah jadi Audi. Nama Audi sendiri mengandung arti sebagai kendaraan sporty, berkualitas tinggi dan desain progresif – merupakan terjemahan dari filososfi “Vorsprung durch Technic” (Advancement through Technology).

Sejarah Audi, dari Mobil Iron Man hingga Pemilik Lamborghini

Audi RS Q8dan Lamborghini Urus yang sangat mirip. Foto: dok Best Cars US
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1965 seconds (0.1#10.140)