Efek Buruk Standar Samping Motor, Pastikan Anda Tahu!

Senin, 26 Juni 2023 - 11:18 WIB
loading...
Efek Buruk Standar Samping Motor, Pastikan Anda Tahu!
Efek buruk standar samping motor penting untuk dipahami. Foto: Sindonews/Danang Arradian
A A A
JAKARTA - Bagi para pengendara motor , tentunya sudah tidak asing lagi dengan standar samping motor. Bahkan, mungkin standar samping motor lebih sering digunakan dibanding dengan standar tengah.

Hal itu lantaran standar samping lebih praktis digunakan, karena Anda hanya perlu menggeser sedikit, tanpa harus mengangkat atau menarik bodi belakang motor yang membutuhkan tenaga lebih.

Namun, tahukah kamu bahwa ada beberapa dampak buruk bila menggunakan standar samping? Seperti yang dilansir dari laman resmi Astra Honda Motor, pada mesin dalam kondisi panas, dampak negatif akan ditemui jika menggunakan standar samping.

Sebab, suhu mesin yang tinggi bisa menjalar ke bagian rangka motor. Bila hal itu dilakukan terus menerus, lambat laun akan terjadi perubahan pada bagian rangka motor.

Berubahnya bentuk rangka tersebut dapat kamu lihat saat posisi sepatbor dan roda belakang tidak presisi. Kemudian, dampak buruk lainnya penggunaan standar samping, juga bisa mempengaruhi kondisi dari engine mounting pada motor.

Karena itu, gunakanlah standar tengah, meski hanya melakukan perjalanan jarak dekat sekalipun, Karena penggunaanya bisa membuat posisi motor lebih stabil, lantaran ada dua kaki yang bertumpu ke aspal atau tanah.

Sedangkan bila menggunakan standar samping, motor rentan terjatuh. Terlebih bila parkir di area dengan kontur yang tidak rata. Bukan tidak mungkin motor bisa langsung roboh, bila tersenggol motor lain.

Tidak hanya itu, kerugian lain apabila Anda memakai standar samping sambil menduduki motor. Kebiasaan tersebut dapat mempengaruhi usia pakai serta kinerja dari suspensi motor. Karena, dalam situasi tersebut, suspensi akan mendapat tekanan yang berlebih atau tidak seimbang.

Efek Buruk Standar Samping Motor, Pastikan Anda Tahu!

Selain mengetahui dampak buruk terlalu sering menggunakan standar samping, jangan lupa untuk melakukan perawatan pada standar sepeda motor.

Merawat standar motor sendiri bisa dilakukan seraya mencuci motor. Karena, selain bodi, jangan lupa cuci bersih standar, khususnya setelah motor melalui jalanan becek. Jangan biarkan kotoran tersebut terlalu lama berada di standar motor, karena akan sulit dibersihkan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3630 seconds (0.1#10.140)