Tips Tidak Cepat Lelah Nyetir saat Mudik Idul Adha

Rabu, 28 Juni 2023 - 14:07 WIB
loading...
Tips Tidak Cepat Lelah Nyetir saat Mudik Idul Adha
Pengemudi diimbau untuk beristirahat dengan benar saat mudik Idul Adha untuk menghindari kantuk. Foto: Sindonews/Danang Arradian
A A A
JAKARTA - Puncak arus mudik Idul Adha diprediksi akan terjadi pada hari ini, Rabu (28/6) sesuai keputusan cuti bersama dari pemerintah. Tentu, momen ini dimanfaatkan oleh sebagian orang untuk mudik ke kampung halaman.

Nah, sebelum melakukan perjalanan, pengemudi harus mempersiapkan segalanya dengan matang. Sebab, saat arus mudik, angka kecelakaan tergolong tinggi. Sebagian besar diakibatkan pengemudi kelelahan. Padahal, sangat penting untuk menjaga kondisi fisik ketika melakukan perjalanan jarak jauh.

Untuk itu, pemerintah dan pihak swasta menyiapkan rest area yang dapat digunakan pemudik untuk beristirahat. Namun, pengemudi juga tidak bisa sembarangan istirahat karena ada cara yang tepat agar tubuh kembali merasa bugar.

Director Training Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) Sony Susmana mengungkap, jangan sampai istirahat yang dilakukan pengemudi tidak optimal. Menurutnya, cara istrirahat yang salah hanya menghilangkan kantuk sesaat.

Hal ini yang membuat kondisi tubuh masih merasa lelah dan kantuk tak juga hilang setelah selesai beristirahat di rest area. Tapi, ini kerap diabaikan oleh pengemudi yang berisiko terjadi kecelakaan fatal.

“Berkendara maksimal 3 jam, kemudian istirahat secara berkala selama 15-30 menit. Apa saja? Refresh otot, syaraf, dan otak. Jadi jangan cuma dibawa istirahat masuk rest area, tetapi memaksimalkan istirahatnya,” kata Sony kepada SINDONews.

Tips Tidak Cepat Lelah Nyetir saat Mudik Idul Adha

Jalanan kosong terkadang cepat membuat kantuk tak tertahan. Foto: Sindonews/Danang Arradian

Sony menegaskan, peregangan memang penting bagi tubuh setelah berjam-jam mengemudi untuk menghilangkan rasa lelah. Tapi, itu tidak cukup untuk membuat tubuh benar-benar siap kembali mengemudi.

“Pengemudi yang pasti harus turun dari kendaraan. Lalu cari tempat teduh dan nyaman untuk mencari ketenangan. Kalau sudah mengantuk satu-satunya cara ya tidur, bukannya minum kopi,” ujar Sony.

Untuk menghindari rasa kantuk yang berlebihan saat mengemudi, Sony mengimbau pengemudi harus mempersiapkan diri 3 hari sebelum keberangkatan. Kemudian satu hari sebelum perjalanan digunakan untuk istirahat sepenuhnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2063 seconds (0.1#10.140)