Cara Memperbaiki Rem Cakram Depan Motor yang Macet dengan Mudah

Selasa, 04 Juli 2023 - 15:00 WIB
loading...
Cara Memperbaiki Rem Cakram Depan Motor yang Macet dengan Mudah
Cara memperbaiki rem cakram depan motor yang macet cukup mudah. Foto: dok Suzuki Indonesia
A A A
JAKARTA - Cara memperbaiki rem cakram depan motor yang macet perlu diketahui oleh semua pengguna. Terutama bagi mereka yang senang melakukan perjalanan jauh.

Rem cakram yang macet akan membuat motor berhenti mendadak karena rem tidak kembali meski tuas sudah dilepaskan. Masalah ini tentu sangat membahayakan diri sendiri maupun pengendara lain yang ada disekitarnya.

Penyebab rem macet ini ada beberapa macam. Penyebab umum yang biasa terjadi, yakni banyaknya kotoran yang melekat pada rem. Alhasil, rem tidak berfungsi secara maksimal.

Selain itu, rem macet juga bisa disebabkan oleh kampas rem yang masih baru dipasang.

Biasanya kampas tersebut tidak pas dan bisa juga berasal dari suku cadang yang tidak asli. Maka dari itu disarankan untuk mengganti kampas rem dilakukan di bengkel resmi.

Cara Memperbaiki Rem Cakram Depan Motor yang Macet

Dilansir dari laman resmi Suzuki, berikut ini adalah cara memperbaiki rem cakram depan motor yang macet dengan berbagai penyebabnya:

1. Rem macet karena kotoran

Rem macet karena kotoran dapat diatasi dengan membersihkan kotoran yang menempel pada bagian kampas atau cakramnya. Selain itu, kotoran juga biasanya dapat menempel pada master rem motor. Cara membersihkannya cukup mudah.

- Pertama, buka kaliper pada piringan cakram menggunakan kunci L dan lepas kaliper tersebut.
- Semprot pada bagian celah piston kecil dan komet master rem hingga bersih. Untuk menyemprotkannya bisa menggunakan campuran air dan sabun cuci piring.
- Setelah itu, pasang kembali kaliper rem seperti semula.

2. Rem Macet Karena Karat

Selain kotor pada master rem, macet rem cakram pada motor bisa juga disebabkan karena karat yang menempel.
Penyebab timbulnya karat pada piringan rem adalah karena rem berada dalam kondisi basah secara terus menerus. Cara mengatasinya adalah sebagai berikut.

- Langkah pertama, buka kaliper pada piringan cakram. Jika sudah terlepas, bersihkan karat hingga piringan bersih.
- Setelah karat menghilang, olesi piringan menggunakan gemuk. Lalu pasangkan kembali kaliper pada posisi semula dengan benar.


3. Rem Macet Karena Kampas Habis atau Salah Pasang

Untuk mengatasi kampas yang habis atau salah pasang, solusinya adalah bawa ke bengkel yang profesional. Kampas rem yang habis harus diganti yang baru di bengkel resminya.

Demikian ulasan tentang cara memperbaiki rem cakram depan motor yang macet dengan mudah. Pastikan untuk selalu mengecek kondisi motor terlebih dahulu sebelum berkendara, agar mencegah resiko terjadinyakecelakaan.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1255 seconds (0.1#10.140)