Ini 5 Penyebab Lampu Sein Mobil Berkedip Cepat, Kenali dan Pahami!

Kamis, 06 Juli 2023 - 12:25 WIB
loading...
Ini 5 Penyebab Lampu Sein Mobil Berkedip Cepat, Kenali dan Pahami!
Penyebab lampu sein mobil berkedip cepat. FOTO/ DAILY
A A A
JAKARTA - Terdapat sejumlah penyebab lampu sein mobil berkedip lebih cepat dari biasanya. Bisa jadi, ada kerusakan pada sistem kelistrikan kendaraan tersebut.



Pada penggunaannya, lampu sein menjadi komponen penting di mobil. Fungsinya adalah memberikan tanda atau sinyal kepada pengendara lain bahwa kendaraan Anda akan berbelok atau berubah arah.

Memiliki fungsi yang sangat penting, Anda harus segera memperbaikinya jika sewaktu-waktu tidak berfungsi dengan benar. Misalnya seperti berkedip lebih cepat.

Namun, sebelum itu perlu diperhatikan juga sejumlah kemungkinan penyebab lampu sein mobil berkedip cepat. Berikut di antaranya.

Penyebab Lampu Sein Mobil Berkedip Cepat (H2)

1. Bohlam Lampu Putus


Salah satu penyebab paling umum lampu sein berkedip lebih cepat adalah putusnya komponen bohlam. Mengutip laman Toyota, katakanlah ada salah satu bohlam yang putus, maka efeknya akan berpengaruh kepada komponen lain yang ada di satu rangkaian.

Dalam rangkaian lampu sein, biasanya terdapat komponen bernama flasher. Fungsinya untuk mengatur lampu agar berkedip secara otomatis.

Untuk menentukan kecepatan kedip lampu sein, komponen tersebut akan menghitung beban total pada satu rangkaian yang aktif. Nah, ketika terjadi perubahan beban, maka hal ini juga berpengaruh terhadap angka beban yang flasher terima. Akibatnya, lampu sein bisa berkedip lebih cepat dari biasanya.

2. Melemahnya Aki Mobil


Aki mobil yang mulai melemah juga dapat menjadi penyebab lampu sein berkedip lebih cepat. Mengutip laman Auto2000, dengan melemahnya daya aki, maka arus listrik yang dialirkan ke lampu sein menjadi kurang stabil

Guna memastikannya, silahkan periksa kondisi aki mobil. Jika ragu, bisa langsung membawanya ke bengkel resmi atau langganan.

3. Salah Ganti Bohlam


Tak hanya karena bohlam putus, kesalah seperti penggantian bohlam yang tidak sesuai dengan spesifikasi pabrik juga dapat menjadi penyebabnya. Maka dari itu, ketika hendak mengganti bohlam, pastikan dulu sebelum memasangnya.

4. Soket Rusak atau Kotor


Soket untuk menyimpan lampu bisa saja terganggu apabila kotor. Hal ini biasanya terjadi akibat debu dari luar yang masuk dan menjadi menumpuk.

Selain karena kotor, soket bisa saja rusak atau tidak berfungsi. Pada beberapa kejadian, biasanya faktor ini dikarenakan masa pakai yang sudah terlalu lama hingga kesalahan pemasangan.

5. Masalah pada Sistem Kelistrikan


Terganggunya arus listrik bisa disebabkan kerusakan pada sistem kelistrikan mobil. Pada salah satu efeknya, hal ini dapat berimbas terhadap lampu sein yang berkedip lebih cepat.

Terkait solusinya, akan lebih baik jika meminta bantuan ahlinya untuk turun tangan. Hal ini dilakukan untuk menghindari potensi kerusakan lebih banyak dan semakin merugikan.

Itulah sejumlah kemungkinan penyebab lampu sein mobil berkedip lebih cepat. Semoga bermanfaat.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2523 seconds (0.1#10.140)