Cara Mudah Mengatasi Klakson Mobil Tidak Bunyi, Bisa Dilakukan di Rumah

Jum'at, 07 Juli 2023 - 11:05 WIB
loading...
Cara Mudah Mengatasi Klakson Mobil Tidak Bunyi, Bisa Dilakukan di Rumah
Klakson mobil tidak bunyi disebabkan karena beberapa hal dan bisa diperbaiki sendiri. Foto: dok Suzuki
A A A
JAKARTA - Klakson merupakan salah satu elemen penting pada mobil untuk memberi peringatan kepada pengendara lain. Apabila komponen tersebut tidak berfungsi, maka bisa menyebabkan sesuatu yang tak diinginkan.

Saat klakson mobil tidak bunyi tentu harus segera mencari penyebabnya sehingga bisa diambil solusi terbaik. Jika dibiarkan begitu saja, maka masalah ini bisa mengganggu kenyamanan dan keamanan dalam berkendara.

Ada banyak hal yang menyebabkan klakson mobil tidak bunyi, mulai dari masalah pada kabel hingga sekring yang putus. Untuk itu, simak cara mudah mengatasi klakson mobil yang tidak bunyi seperti dibagikan Suzuki.

1. Temukan Masalah pada Klakson

Pertama-tama, Anda harus menemukan masalah pada klakson terlebih dahulu. Anda perlu mengidentifikasi kerusakan apa yang sebenarnya terjadi pada klakson, apakah suara klakson terlalu kecil atau benar-benar mati total.

Selanjutnya Anda bisa mulai mencari tahu apakah bagian switch klakson rusak atau masih berfungsi dengan baik. Ini dilakukan untuk mencari tahu langkah apa yang harus dilakukan berikutnya.

2. Ganti Sekring Klakson

Apabila kerusakan terjadi pada bagian sekring, maka Anda bisa langsung mengganti komponen yang satu ini. Pertama-tama lepas dulu bagian sekring lalu ganti dengan yang baru, dan pastikan ukuran tegangannya sama.

Dalam hal ini, Anda sangat disarankan untuk memakai komponen sekring yang orisinal jadi kualitasnya terjaga dengan baik. Selain itu komponen yang orisinal juga pasti jauh lebih awet untuk digunakan dalam jangka waktu lama.

3. Bersihkan atau Ganti Sakelar

Klakson mobil tidak bunyi bisa disebabkan oleh kerusakan pada sakelar karena karat pada komponen tersebut. Anda bisa membuka dulu bagian ini dan bersihkan karatnya dengan cairan khusus.

Tapi jika karat sudah tidak bisa dibersihkan dan terlalu banyak, lebih baik ganti sakelar baru demi membuat klakson berfungsi kembali.

4. Ganti Kabel yang Rusak

Korsleting pada kabel jelas sangat berbahaya dan juga bisa merusak fungsi klakson mobil Anda. Jika menemukan kerusakan pada kabel, sebaiknya langsung menggantinya dengan yang baru.

Pertama-tama Anda perlu membuka bagian sekring terlebih dahulu baru mencabut bagian kabel yang rusak. Gantilah kabel dengan yang baru sehingga klakson bisa berfungsi dengan normal.

Namun, proses ini bisa jadi tidak mudah dan butuh bantuan dari mekanik yang berpengalaman. Jadi lebih baik Anda langsung membawa mobil ke bengkel saja untuk melakukan penggantian atau perbaikan kabel klakson.

5. Ganti Switch Klakson

Salah satu penyebab klakson rusak dan tidak berbunyi adalah gangguan atau masalah pada switch. Jika ini masalahnya, maka Anda bisa langsung mengganti switch.

Saat switch sudah cukup lama digunakan, maka bisa jadi fungsinya jadi berkurang. Tombol klakson bisa aus dan menyebabkan bunyi klakson kurang optimal. Jadi solusi termudah yang dapat dilakukan adalah mengganti bagian switch.

Pastikan untuk memilih switch yang sesuai dengan kebutuhan sistem klakson di mobil Anda. Selain itu Anda juga harus memperhatikan kualitasnya supaya komponen switch ini bisa selalu awet digunakan.


6. Bersihkan atau Ganti Relay

Jika kerusakan ada pada bagian relay klakson, maka Anda bisa membongkar komponen klakson terlebih dahulu. Perhatikan baik-baik apakah bagian relay tersebut, apakah hanya kotor atau sudah rusak berat.

Anda bisa coba membersihkan bagian relay jika memang terlihat banyak tumpukan kotoran di sana. Namun, jika relay memang sudah cukup usang dan lama digunakan maka lebih baik ganti dengan yang baru.

Pengecekan kerusakan pada klakson mobil bisa saja dilakukan di rumah apabila mengerti kelistrikan mobil. Tetapu, jauh lebih baik jika Anda langsung membawa mobil ke bengkel yang berpengalaman untuk diperiksa lebih lengkapolehmekanik.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4581 seconds (0.1#10.140)