Ini Bedanya Pelumas Komponen dan Pengikis Karat, Jangan Salah Kaprah

Sabtu, 08 Juli 2023 - 16:46 WIB
loading...
Ini Bedanya Pelumas Komponen dan Pengikis Karat, Jangan Salah Kaprah
Karat yang terjadi di kendaraan bermotor jangan sampai dibiarkan karena akan bikin keropos. Foto/Autochem
A A A
JAKARTA - Memiliki kendaraan bermotor di wilayah tropis dengan tingkat kelembaban yang tinggi seperti Indonesia, jelas membutuhkan perhatian ekstra dalam hal perawatan. Hal ini dikarenakan ada potensi yang besar untuk munculnya karat akibat oksidasi antara bahan besi pada komponen kendaraan dengan oksigen.

Kondisi akan semakin rumit jika tumpukan kotoran tidak dibersihkan secara rutin dan cermat. Maka tinggal menunggu waktu saja, untuk kemudian terjadi apa yang sering disebut besi keropos. Karena sesungguhnya mencuci kendaraan, baik motor maupun mobil, secara berkala dengan cara konvensional belum cukup untuk menghindari potensi munculnya karat.

Karena karat tidak hanya akan muncul pada luasan bodi kendaraan tetapi juga pada komponen yang lokasinya tersembunyi dan bergesekan, seperti di seputaran engsel pintu, sela-sela baut roda, ataupun pegangan pintu pada mobil. Kalau di motor atau skuter otomatis bisa muncul pada area kaliper rem, grip untuk buka tutup gas, maupun di lubang kunci.

Secara umum, untuk mengusir karat dipakailah produk yang jamak disebut sebagai penetran. Klaim yang juga mudah ditemukan adalah penghilang karat, beberapa produk ditambahkan klaim soal kemampuan melindungi.

Di lain sisi ada juga produk yang diklaim bisa jadi pelindung saja untuk komponen kendaraan bermotor agar terhindar dari potensi dihinggapi karat.



Ini Bedanya Pelumas Komponen dan Pengikis Karat, Jangan Salah Kaprah


Mencermati kedua produk tadi sebenarnya ada cara mudah untuk lebih memastikan kebutuhan pemakai, untuk mengikis karat atau melumasi suatu komponen. “Secara teknis, antara kegunaan untuk melumasi suatu komponen supaya terhindar dari karat dengan tujuan mengikis karat di satu komponen merupakan dua hal yang berbeda,” buka Dhany Ekasaputra, ManagerPromosi PT Autochem Industry.

Dijelaskan lebih lanjut olehnya, dua tujuan yang berbeda tersebut juga sulit untuk dipadukan dalam satu produk. Karena adanya untuk tujuan melumasi dan mengikis merupakan dua hal yang berbeda, dan atas dasar itulah PT Autochem Industry melansir dua produk terpisah.

“Master Super Lubricant ML-40 secara khusus diformulasikan untuk melumasi serta melindungi
komponen di kendaraan yang rawan karat serta tersembunyi. Kandungan utama pada ML-40 adalah base oil yang menjamin mutu pelumasan maupun perlindungan bisa maksimal untuk jangka waktu yang panjang,” jelas Dhany lagi.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.9429 seconds (0.1#10.140)