Motor Buatan Jepang dan China Mendominasi Pasar Italia

Rabu, 19 Juli 2023 - 07:11 WIB
loading...
Motor Buatan Jepang dan China Mendominasi Pasar Italia
Ducati berhasil mencetak rekor penjualan di pertengahan tahun ini. Hanya saja mereka tidak mampu bersaing dengan motor-motor Jepang dan China. Foto/Ducati
A A A
ROMA - Motor buatan Jepang dan China angka penjualan kendaraan roda dua di pasar Italia sampai pertengahan tahun 2023. Padahal Italia dikenal sebagai produsen motor terkenal, seperti Ducati, Piaggio, Vespa, dan MV Agusta.

Motorcycles Data menyebutkan angka penjualan motor di Italia sampai pertengahan tahun 2023 mencapai angka 201.932 unit. Pencapaian ini merupakan rekor penjualan terbaik selama 20 tahun terakhir di Italia .

“Penjualan meningkat didorong oleh segmen skuter dan motor gede berkapasitas 500-750 cc,” sebut Motorcycles Data dikutip SINDOnews, Rabu (19/7/2023).



Namun, hal mengejutkan, berdasarkan Motorcycles Data, lima besar penjualan motor di Italia justru didominasi oleh merek Jepang dan China. Bahkan dalam posisi lima besar hanya ada satu wakil Italia yang masuk dalam daftar, yakni Piaggio.

Berada di urutan pertama Honda mencetak penjualan sebesar 50,2%. Penjualan ini dipicu oleh tingginya permintaan Honda X-ADV, Honda CBR 750, Honda SH350, dan Honda SH150.

Di posisi kedua ada Piaggio dengan penjualan sebesar 23,8%, posisi ketiga hingga kelima adalah Yamaha, Kymco, dan BMW.

Merek-merek motor Italia lainnya memang banyak yang terlempar dari lima besar. Ducati saja hanya ada di posisi keenam dengan capaian penjualan sebesar 8,7%.



Menariknya Ducati justru mendapatkan penerimaan yang sangat besar di Italia. Hingga pertengahan tahun ini mereka berhasil menjual sebanyak 34.976 unit motor yang jadi rekor terbesar yang pernah dicapai.

Sebanyak 6.639 unit Ducati diketahui terjual di Italia. Hanya saja pencapaian itu masih belum menyaingi penjualan motor yang diraih oleh motor-motor merek Jepang dan China. "Persaingan pasar motor pasca Covid-19 jauh lebih ketat," ujar Francesco Milicia, Ducati Vice President.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.6119 seconds (0.1#10.140)