Harga Tesla di Malaysia Jauh Lebih Murah Dibanding Indonesia, Setara Toyota Fortuner

Kamis, 20 Juli 2023 - 17:43 WIB
loading...
Harga Tesla di Malaysia Jauh Lebih Murah Dibanding Indonesia, Setara Toyota Fortuner
Tesla hadir secara resmi di Malaysia, bahkan mempertimbangkan untuk membuka pabrik di negara tersebut. Foto: Paultan.
A A A
MALAYSIA - Harga Tesla di Malaysia jauh lebih murah dibandingkan Tesla yang dipasarkan Prestige Motors di Indonesia. Mengapa demikian?

Tesla sendiri memang hadir secara resmi di Malaysia. Kehadiran mobil listrik buatan Elon Musk itu ditandai dengan peluncuran di Pavilion, Kuala Lumpur. Dalam peresmian tersebut, dirilis juga mobil listrik buatan Tesla yang akan dijajakan di negeri jiran tersebut. Untuk penjualan perdana, Tesla lebih dulu menjual Tesla Model Y produksi 2023.

Total ada tiga varian Tesla Model Y yang dipasarkan di Malaysia. Ketiganya adalah Tesla Model Y Standard Range RWD, Tesla Model Y Long Range AWD, dan Tesla Model Y Performance AWD.

Harga Tesla di Malaysia Jauh Lebih Murah Dibanding Indonesia, Setara Toyota Fortuner

Yang unik, harga ketiga varian Tesla itu jauh lebih murah dibanding harga Tesla Model Y yang dijual di Indonesia. Varian entry level Tesla Model Y Standard Range RWD, misalnya, dijual di harga 199.000 Ringgit atau Rp653 juta. Ini setara dengan Toyota Fortuner ataupun Mitsubishi Pajero Sport. Bahkan, lebih murah dibandingkan Hyundai Ioniq 5.

Begitu juga Tesla Model Y Long Range AWD yang dijual di harga 246.000 Ringgit atau Rp807,6 juta. Varian termahal Tesla Model Y Performance AWD juga masih lebih murah dibanding di Indonesia karena dijual di angka 288.000 Ringgit atau sekitar Rp945,5 juta.

Daftar harga tersebut memang jauh lebih kompetitif dibanding dengan harga Tesla Model Y di Indonesia yang rata-rata dibawa ke Tanah Air melalui importir umum (IU).

Ambil contoh Prestige Motor, importir umum yang dimiliki oleh pengusaha terkenal Rudy Salim. Di situs resmi Prestige Cars, Tesla Model Y dijual di harga Rp1,8 miliar atau 3 kali lebih mahal dibandingkan harga Tesla di MAlaysia. Itu pun harga tesla Model Y entry level yakn Standard Range RWD.

Hadirnya Tesla di Malaysia memang jadi skema yang menguntungkan buat masyarakat Malaysia. Pasalnya mereka langsung mendapatkan mobil-mobil yang memang sesuai dengan harga pabrikan.

Berbeda dengan Indonesia yang masih mendapatkan mobil listrik buatan Tesla melalui pasar abu-abu atau grey market yakni importir umum. Belum lagi jika nantinya Tesla benar-benar terbujuk oleh permintaan Perdana Menteri Malaysia yang meminta agar mereka membangun pabrik di negeri jiran tersebut.



Anwar Ibrahim sendiri mengatakan bahwa dirinya menyambut minat dan keputusan perusahaan Elon Musk untuk berinvestasi di Malaysia, termasuk pembukaan pabrik Tesla di Selangor, dan kesediaan bos Twitter tersebut untuk datang ke Malaysia.

“Saya turut mengucap tahniah dan dukungan Kerajaan atas pembukaan Ibu Pejabat, Pusat Servis dan Pusat Pengalaman jenama kendaraan elektrik Tesla milik Elon Musk di Selangor pada tahun ini,” ungkapnya melalui cuitan di akun Twitter @anwaribrahim.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2647 seconds (0.1#10.140)