5 Penyebab Knalpot Mobil Mengeluarkan Asap Putih, Ini Sejumlah Kemungkinannya

Jum'at, 21 Juli 2023 - 23:24 WIB
loading...
5 Penyebab Knalpot Mobil Mengeluarkan Asap Putih, Ini Sejumlah Kemungkinannya
5 Penyebab Kenapa Knalpot Mobil Keluar Asap Putih. FOTO/ CARSCOOPS
A A A
JAKARTA - Kondisi knalpot mobil keluar asap putih kerap membuat pemilik kendaraan khawatir. Dalam kasus semacam ini, terdapat sejumlah potensi yang menjadi biang keroknya.


Sebelumnya, perlu diketahui bahwa terdapat dua jenis asap putih yang bisa keluar dari mobil, yakni asap putih tipis dan asap putih tebal. Masing-masing di antaranya memiliki karakteristik dan penyebabnya sendiri.

Lantas, apa sajakah penyebab knalpot mobil keluar asap putih? Untuk lebih jelasnya, simak penjelasannya berikut ini.

Penyebab Knalpot Mobil Keluar Asap Putih

1. Kebocoran Oli


Oli menjadi salah satu komponen penting bagi mobil. Maka dari itu, bagian ini perlu diperhatikan dan mendapat perawatan rutin.

Mengutip laman Auto2000, kebocoran oli juga bisa menjadi penyebab keluarga asap putih pada knalpot mobil. Dalam hal ini, kebocoran bisa berawal dari fungsi turbio pada mobil.

Saat melumasi komponen turbo, oli bisa bocor karena kondisi kerjanya yang cukup ekstrem. Oli ini nantinya dapat bocor ke bagian intake hingga exhaust dan hasilnya adalah memunculkan asap putih di knalpot.

2. Sistem PCV mengalami Kerusakan

Kerusakan pada Positive Crankcase Ventilation (PCV) juga menjadi masalah yang perlu diperhatikan. Mengutip Nissan, tugas sistem PCV umumnya adalah menghisap uap panas dari mesin ke intake manifold.

Ketika terjadi kerusakan, uap oli bisa ikut terbawa ke intake manifold. Sama seperti penyebab sebelumnya, knalpot mobil bisa menjadi mengeluarkan asap putih.

3. Ausnya Seal Katup


Komponen seal katup berfungsi membuka ruang di antara saluran intake/exhaust ke ruang bahan bakar. Dalam keadaan normal, aliran udara bisa masuk secara benar ke ruang tersebut.

Namun, lain halnya jika komponen itu sudah aus. Udara yang harusnya masuk menjadi terhambat. Bahkan, pada beberapa kasus bisa menjadi kebocoran oli di ruang bakar.

4. Pengembunan Gas Buang


Saat campuran bahan bakar dan udara terbakar dengan sempurna, gas buang yang dihasilkan akan menjadi bersih, termasuk memunculkan titik-titik air di dalamnya. Nantinya, titik air tersebut akan menguap dan menghasilkan asap tipis sesaat.

Tak perlu khawatir. Kondisi tersebut akan kembali normal ketika saluran knalpot sudah menjadi panas kembali.

5. Ring Piston Aus


Ring piston dan silinder blok bisa saja mengalami keausan. Jika kondisi ini terjadi, oli bisa masuk ke ruang bakar. Sebagai akibatnya, dapat muncul asap putih pada knalpot mobil.

Itulah sejumlah kemungkinan penyebab knalpot mobil keluar asap putih. Semoga bermanfaat.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.7191 seconds (0.1#10.140)