Punya Bodi Bongsor, Begini Spek Rubicon yang Kabur Usai Senggol Mobil Lain di Bahu Jalan

Sabtu, 22 Juli 2023 - 07:52 WIB
loading...
Punya Bodi Bongsor, Begini Spek Rubicon yang Kabur Usai Senggol Mobil Lain di Bahu Jalan
Rubicon dikenal sebagai mobil offroad yang gagah dan bodi kokoh. Foto: Jeep
A A A
JAKARTA - Lagi-lagi Jeep Wrangler Rubicon viral karena hal yang negatif. Sebelumnya, mobil tersebut jadi pembicaraan karena digunakan oleh tersangka penganiayaan Mario Dandy Satriyo. Kini, sebuah Jeep Rubicon kembali viral karena tidak mau bertanggung jawab setelah senggolan dengan mobil lain. Padahal, pengendara Rubucon salah karena mengambil bahu jalan serta tidak mau mengalah ketika ada mobil lain yang ingin exit tol.

Bahu Jalan Hanya untuk Darurat
Punya Bodi Bongsor, Begini Spek Rubicon yang Kabur Usai Senggol Mobil Lain di Bahu Jalan

Tentu saja, fungsi bahu jalan seharusnya hanya bisa digunakan dalam keadaan darurat dan petugas yang memang memiliki kepentingan. Mengapa? Karena banyak bahaya yang mengintai ketika melewati bahu jalan. Terlebih untuk mobil dengan ukuran yang cukup besar.

Sekadar informasi, Jeep Wrangler Rubicon memiliki dimensi panjang 4.785 mm, lebar 1.875 mm, tinggi 1.868 mm, dan jarak sumbu roda 3.008 mm. Dalam video yang viral itu, terlihat SUV yang biasa dipakai untuk offroad tersebut juga sudah dimodifikasi. Sehingga, membuatnya lebih lebar lagi. Jeep Wrangler Rubicon memang terkesan tangguh pada bagian eksteriornya dengan mempertahankan model klasik.

Desainnya dibuat mengotak. Lampunya berbentuk bulat dengan grill tujuh lubang. Mobil tersebut juga terlihat kekar karena memakai velg berdiameter 33 inci, dibalut ban all-terrain. Pada bagian belakang juga ada ban serep, yang dikenal dengan sebutan “konde”.

Untuk keamanan, Jeep Wrangler Rubicon dilengkapi fitur standar seperti empat rem cakram, ABS, EBD, ESC (Electronic Stability Control), dan ERM (Electronic Roll Mitigation). Untuk urusan performa, mobil SUV gagah ini dibekali mesin GME 2.0L 4 silinder segaris berkubikasi 1.995 cc. Mesin ini dapat menyemburkan tenaga 270 hp pada 5.250 rpm dan torsi puncak 400 Nm pada 3.000 rpm.

Tenaga tersebut disalirkan ke empat roda melalui transmisi otomatis 8-percepatan dan transfer case ROCK-TRAC. Namun, pengemudi dapat mengubahnya menjadi transmisi manual untuk mendapatkan sensasi berkendara sesungguhnya ketika offroad.

Mengenai harga, Jeep Wrangler Rubicon yang ada pada video tersebut merupakan versi 4 pintu yang dibanderol Rp1,7 miliaran. Jelas, ini hanya bisa dimiliki oleh kalangan atas yang seharusnya menunjukkan etika berkendara baik di jalan umum.

Sekadar informasi, penggunaan bahu jalan sudah tertuang dalam Peraturan Pemerintah Nomor 15 Tahun 2005 tentang Jalan Tol. Aturan tersebut dijelaskan pada Pasar 41 ayat 2, yang berbunyi:



Penggunaan bahu jalan diatur sebagai berikut:

a. digunakan bagi arus lalu lintas pada keadaan darurat;
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2289 seconds (0.1#10.140)