Fakta-Fakta AKAS Group, Salah Satu Perusahaan Otobus Terkaya di Jawa Timur

Jum'at, 28 Juli 2023 - 07:10 WIB
loading...
Fakta-Fakta AKAS Group, Salah Satu Perusahaan Otobus Terkaya di Jawa Timur
AKAS Group menjadi salah satu perusahaan otobus terkaya di Jawa Timur. Foto: Perpalz TV
A A A
JAKARTA - AKAS Group merupakan sebuah perusahaan otobus (PO) kenamaan di Indonesia. Dengan armadanya yang cukup besar, kerap kali AKAS juga disebutkan sebagai salah satu PO terkaya di kawasannya.

Melihat riwayatnya, AKAS Group didirikan di Probolinggo, Jawa Timur sekitar tahun 1956. Keberadaannya sendiri tak terlepas dari sosok bernama H Karman Amat yang telah merintis bisnis ini dari awal hingga menjadi sukses seperti sekarang.

Berawal dari Bengkel Senjata Pejuang Kemerdekaan

Dulunya, AKAS bermula dari sebuah bengkel di Probolinggo. Bengkel milik H Karman tersebut sudah ada sejak 1934. Hal menariknya, bengkel tersebut dulunya dikatakan sering digunakan para pejuang kemerdekaan untuk mereparasi senjata. Barulah setelah Indonesia merdeka, bengke itu beralih fungsi.

Sekitar tahun 1951, H Karman mulai menjalani bisnis angkutan darat untuk mengantar penumpang hingga paket dan surat ke Probolinggo, Sukapura, dan Krucil. Saat itu, dia mengoperasikan bus milik sendiri dengan bodi terbuat dari kayu dan bahan bakar bensin.

Seiring perkembangannya, H Karman memutuskan untuk semakin menekuni bisnisnya ini. Akhirnya, berdirilah PO AKAS dengan Akta notaris Sie Kwan Ho No. 11 pada tanggal 23 Maret 1956, dalam bentuk perseroan komanditer (CV).

Asal-usul Nama AKAS

Bagi sebagian orang, nama sebuah perusahaan atau bisnis tentu tidak diambil dengan sembarangan. Bahkan, terkadang ada yang menyematkan filosofi sendiri dalam namanya. Terkait AKAS, konon nama tersebut merupakan akronim dari Ali Karman Amat Sekeluarga. Namun, tidak diketahui secara pasti mengapa pendirinya memilih untuk mengambil nama tersebut.

Perkembangan AKAS Group

Seiring waktu, PO ini terus tumbuh besar dan menjadi cukup sukses. Jika awalnya hanya melayani rute-rute di Jawa Timur saja, AKAS mulai membuka layanan ke rute atau trayek lainnya yang dinilai strategis.

Pada perkembangannya, armada AKAS pun semakin bertambah. Hal ini membuat pengelolaannya dibagi menjadi beberapa bagian. Di antaranya adalah PO AKAS I, PO AKAS II, PO AKAS III, PO AKAS IV, dan lainnya.



Terkait kunci kesuksesannya bersaing dalam percaturan bisnis angkutan darat, salah satu aspek yang digunakan AKAS adalah konsistensi dalam hal layanan. Tak hanya tarifnya yang masih terjangkau, namun juga sebanding dengan fasilitas yang tersedia.

Sampai sekarang, AKAS Group masih mendominasi rute di Jawa Timur. Keberadaannya pun masih sangat populer di kalangan pelanggan setia hinggaparabismania.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4120 seconds (0.1#10.140)