Toyota Land Cruiser Listrik Cetak Rekor Dunia, Jalan di Dalam Laut Sejauh 7 Kilometer

Selasa, 01 Agustus 2023 - 11:02 WIB
loading...
Toyota Land Cruiser Listrik Cetak Rekor Dunia, Jalan di Dalam Laut Sejauh 7 Kilometer
Mobil Toyota Land Cruiser tua bertenaga listrik yang diberi nama Mudcrab berhasil mencetak rekor dunia berjalan di dalam laut sejauh 7 kilometer. Foto/Carscoops
A A A
DARWIN - Mobil Toyota Land Cruiser tua bertenaga listrik yang diberi nama Mudcrab berhasil mencetak rekor dunia berjalan di dalam laut sejauh 7 kilometer. Selama aksi pemecahan rekor itu seorang pengemudi dan penumpang menggunakan peralatan selam lengkap.

Aksi pemecahan rekor tersebut dimulai di Pelabuhan Darwin, Australia baru-baru ini. Mobil buatan Jepang tahun 1978 itu kemudian dari pinggir pantai langsung nyemplung menuju laut bebas sejauh delapan kilometer.

“Mobil tersebut kemudian berjalan sejauh tujuh kilometer dan berjalan di kedalaman 30 meter," tulis Carscoops dikutip SINDOnews, Selasa (1/8/2023).



Aksi itu terinspirasi dari upaya sekelompok penyelam dari Darwin, Australia yang mencoba melakukan hal yang sama pada tahun 1980-an. Kala itu mereka hanya bisa berjalan sejauh tiga kilometer karena mogok di tengah laut.

Kondisi itu kemudian dianalisa dan diperbaiki di upaya pemecahan rekor yang dilakukan tahun ini. Dari penilaian mereka diketahui upaya pemecahan rekor yang dilakukan pada 1980-an gagal karena mobil yang digunakan masih mempertahankan komponen mobil konvensional.

Alhasil mobil itu kemudian mogok dan cuma bisa jalan sejauh tiga kilometer. Di upaya pemecahan rekor terbaru mereka mengganti mesin Toyota Land Cruiser dengan motor listrik.

Komponen itu kemudian ditempatkan ke dalam bagian khusus lengkap dengan pelindung yang tidak tembus air dan tekanannya. Selain itu mereka juga memeriksa setiap bagian mobil yang mengarah ke motor listrik agar tidak bisa kemasukan air.

"Kami harus memastikan semua komponen ini dapat bertahan dala air dan tekanannya. Jadi kami harus membuat sebuah ruangan yang kuat akan tekanan dan memiliki baterai yang kuat," ujar Glen Summer, pemilik mobil.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3087 seconds (0.1#10.140)