Toyota Land Cruiser Antipeluru ini Cocok Untuk Presiden Jokowi

Rabu, 17 Maret 2021 - 10:00 WIB
loading...
Toyota Land Cruiser Antipeluru ini Cocok Untuk Presiden Jokowi
Toyota Land Cruiser antipeluru buatan Aurum Security ini dibanderol di angka Rp3,9 miliar. Foto/Carbuzz
A A A
JAKARTA - Salah satu mobil negara yang digunakan oleh Presiden Jokowi adalah Toyota Land Cruiser. Mobil itu memang terbukti tangguh melewati medan berat seperti banjir yang pernah terjadi di Kalimantan beberapa waktu lalu. Tapi kalau untuk urusan pertahanan mobil itu masih belum terbukti ketangguhannya.

Nah, baru-baru ini Aurum Security, salah satu perusahaan yang fokus pada pembuatan mobil antipeluru membuat Toyota Land Cruiser, yang sama persis dengan milik Presiden Jokowi, menjadi mobil dengan sistem pertahanan tinggi.



Aurum Security mengklaim mobil ini telah memiliki sertifikat keamanan dan perlindungan VPAM VR10. Sertifikat itu menurut mereka adalah sertifikat keamanan tertinggi yang biasanya digunakan oleh kendaraan militer.

Toyota Land Cruiser Antipeluru ini Cocok Untuk Presiden Jokowi


Mobil ini mampu bertahan dari bom TNT yang ukurannya mencapai 14 kilogram. Selain itu mobil juga mampu bertahan dari granat baik di bagian atap maupun di bagian kolong mobil. Aurum bahkan mengatakan mobil ini akan tetap bertahan jika dipaksa melewati jalan yang dipenuhi dengan ranjau darat.

Tidak hanya bom dan granat, serangan senapan Kalashnikov dan Dragunov juga mampu ditahan oleh Toyota Land Cruiser buatan Aurum Security itu.



Sayangnya Aurum Security justru tidak mengganti mesin mobil tersebut. Toyota Land Cruiser masih menggunakan mesin yang sama dengan Toyota Land Cruiser milik Presiden Jokowi yakni mesin V8 dengan kapasitas silinder 5,7 liter. Mesin ini masih menggelontorkan tenaga sebesar 381 daya kuda.

Masalahnya dengan kemampuan pengamanan tingkat tinggi itu, bobot mobil jadi semakin berat yakni jadi 4,8 ton. Alhasil akselerasi mobil ini jadi kurang lebih bertenaga.

Untuk harga, Aurum Security membanderol mobil ini di angka USD277.000 atau setara Rp3,9 milyar. Angka sepadan dengan kemampuan pertahanan tingkat tinggi.
(wsb)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1449 seconds (0.1#10.140)