Intip Mobil Termahal di GIIAS 2023, Harganya Rp50 Miliar

Minggu, 13 Agustus 2023 - 13:13 WIB
loading...
Intip Mobil Termahal di GIIAS 2023, Harganya Rp50 Miliar
Lamborghini Essenza SCV12 menjadi mobil termahal di GIIAS 2023. (Foto: Fadli Ramadan)
A A A
TANGERANG - Predikat mobil termahal di pameran otomotif GIIAS 2023 jatuh ke tangan Lamborghini Essenza SCV12. Mobil yang cuma diproduksi 40 unit di dunia ini dibanderol Rp50 miliar.

Supercar Lamborghini Essenza SCV12 ini mejeng di booth Pertamina di Hall 6 ICE BSD City. Mobil yang dikelir warna hijau dengan livery Pertamina berhasil menyita perhatian para pengunjung GIIAS 2023. Mereka tak segan-segan mengabadikan supercar tersebut yang menjadi momen langka.

Secara general, supercar ini masih mempertahankan desain khas Lamborghini dengan lekukan-lekukan tajam. Kesan gahar terpancar dari mobil tersebut.

Lamborghini Essenza SCV12 memiliki sejumlah perangkat aerodinamika untuk memaksimalkan aliran udara. Pasalnya, mobil ini juga digunakan untuk balapan di ajang balap internasional.



Supercar ini diklaim menjadi mobil yang paling bertenaga yang pernah diproduksi oleh Lamborghini. Dibekali mesin V12 berkapasitas 6,5 liter, Essenza SCV12 dapat mengeluarkan tenaga mencapai 820 hp.

Demi menunjang tenaga yang besar, Lamborghini memasang sasis carbon-fiber monocoque dan pipa pembuangan khusus yang dapat mengurangi tekanan. Ini memungkinkan Essenza SCV12 melaju hingga 250 Km/jam.

Pada atap bodi, Essenza SCV12 memiliki dua air-intake untuk mempercepat pendinginan mesin yang terdapat di belakang pengemudi. Terdapat juga sayap belakang yang lebar untuk memaksimalkan efek downforce.

Supercar Lamborghini Essenza SCV12 yang hanya diproduksi sebanyak 40 unit, dibanderol 2,7 juta Poundsterling atau sekitar Rp50 miliaran. Pemilik mobil ini juga tidak boleh menggunakannya di jalan raya, karena supercar ini dikhususkan untuk sirkuit.



Mobil ini bisa hadir di Indonesia berkat kerja sama antara Pertamina dan tim balap Lamborghini Squadra Corse.

“Teknologi oli Pertamina dapat digunakan pada hypercar itu (Lamborghini Essenza SCV12). Artinya produk kami diakui oleh dunia dan dapat digunakan di mobil apa pun. Mobil ini seharga Rp50 miliar, jadi kalau bisa digunakan di mobil ini berarti bisa dipakai semua mobil yang ada di sini (GIIAS),” kata Werry Prayogi, Direktur Utama PT Pertamina Lubricants.
(msf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2573 seconds (0.1#10.140)